Text
Analisa persepsi konsumen terhadap bauran eceran Carrefour Lebak Bulus diajukan oleh Vieta Dian Marwati
Sektor ritel adalah sektor binis yang memperhatikan detail, ?retail is detail?. Kemampuan dan kemauan untuk selalu berupaya lebih baik dalam melayani konsumen merupakan tantangan terbesar yang dihadapi oleh bisnis ritel mengingat industri ritel adalah industri yang dinamis, inovatif, dan kompetitif. Walaupun begitu, ritel adalah salah satu unit bisnis di Indonesia yang menjanjikan banyak keuntungan dan diperkirakan memiliki prospek pertumbuhan yang cukup tinggi dimasa mendatang. Oleh sebab itu, para pelaku ritel dituntut untuk selalu dapat menciptakan competitive advantage melalui berbagai kebijakan pemasaran yang diterapkan dengan tetap memperhatikan keseimbangan pengelolaan finansial serta manajemen sumber daya manusianya. Strategi utama yang dapat dilakukan oleh peritel kepada target market-nya adalah dengan mengoptimalkan komponen dari retail mix sebagai upaya pembentukan citra yang positif di mata konsumen. Image sebuah toko sangat penting diperhatikan mengingat perilaku keputusan pembelian dan kepuasan konsumen tidak hanya dipengaruhi atribut fungsional tetapi juga atribut psikologis. Hal ini pula yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi konsumen terhadap retail mix Carrefour Lebak Bulus. Carrefour Internasional merupakan peritel nomor satu di Eropa dan nomor dua dunia. Sementara di Indonesia, melalui konsep hypermarket a la Paserba (pasar serba ada), Carrefour dinilai berhasil dalam menundukkan pasar Indonesia. Hal ini terbukti dengan cepatnya ekspansi ritel mereka di Indonesia khususnya di Jakarta yang terlihat dari besarnya omzet harian yang mereka peroleh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menyangkut bagaimana persepsi konsumen yang pernah berbelanja di Carrefour Lebak Bulus terhadap strategi retail mix yang diterapkan oleh peritel tersebut, terlihat bahwa mereka memiliki kecenderungan yang positif. Hal ini ditunjukkan dengan posisi nilai median yang berada pada angka dua dan tiga. Dengan demikian, untuk saat ini, Carrefour Lebak Bulus memiliki image yang positif dibenak konsumen dan karenanya dinilai sebagai tempat belanja yang memuaskan. Ada tabel, lamp : 31 p. + CD
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5017 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2004 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behavior Retailing |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 169 p. diagrs 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |