Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Penerapan metode strategy analytical formulation framwork pada PT. Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya : Sebuah studi kasus

Christian A. Gunawan - ;

Industri keuangan di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini terus mengalami pertumbuhan, demikian pula dengan industri asuransi yang merupakan bagian dari indsutri keuangan tersebut. Pertumbuhan industri keuangan ini tidak lepas dari pertumbuhan perekonomian yang ditandai dengan peningkatan GDP selama 4 tahun belakangan ini, sedangkan pertumbuhan dalam industri asuransi dapat dilihat dari pertumbuhan premi bruto selama 4 tahun belakangan ini. Pertumbuhan premi tersebut berarti adanya peningkatan jumlah nasabah yang dapat diserap oleh perusahaan asuransi, baik asuransi umum maupun asuransi jiwa. Pada tahun 2004 ini dan 2003 lalu banyak regulasi yang dikeluarkan pemerintah yang mengtur industri asuransi sehingga membuat industri asuransi harus semakin berhati ? hati dalam melakukan bisnisnya. Industri asuransi jiwa juga terkena dampak dari regulasi tersebut karena pada pertengahan tahun 2004 lalu ada beberapa perusahaan asuransi jiwa yang menyerahkan kembali izin usahanya ke Departemen Keuangan. Memang tidak semua dari perusahaan asuransi yang likuidasi tersebut dikarenakan adanya regulasi pemerintah akan tetapi dari sini dapat terlihat bahwa persaingan dalam industri asuransi jiwa menjadi semakin ketat. Penulis melihat persaingan ini sebagai suatu hal yang menarik untuk diteliti, karena itu penulis memilih PT Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya sebagai salah satu pelaku bisnis asuransi jiwa untuk dijadikan obyek penelitian. Penulis tertarik untuk melihat bagaimana kondisi internal BNI LIFE dan bagaimana BNI LIFE melihat kondisi eksternal perusahaannya dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat ini. Kondisi internal dan eksternal tadi akan digunakan sebagai landasan dalam menentukan altenatif strategi yang paling feasible dan menarik bagi BNI LIFE karena untuk memenangkan persaingan dibutuhkan strategi yang efektif dan efisien. Metode yang akan penulis gunakan adalah Strategy-Formulation Analytical Framework. Metode ini terdiri dari tahap I, yaitu menilai kondisi internal menggunakan matriks IFE dan kondisi eksternal menggunakan matriks EFE. Berlanjut ke tahap II di mana data yang diperoleh dari tahap I akan dianalisa menggunakan matriks IE, matriks TOWS, dan matriks SPACE. Ketiganya digunakan untuk mencari alternatif strategi yang memungkinkan. Terakhir adalah tahap III dengan menggunakan matriks QSPM untuk menilai seberapa menarik alternatif strategi tahap II bagi BNI LIFE. Setelah melakukan penelitian menggunakan metode ? metode tersebut, ditemukan bahwa menurut matriks IE posisi BNI LIFE adalah grow and build, lalu menurut matriks SPACE BNI LIFE berada pada kuadran aggressive strategies, dan terakhir pada tahap III dengan menggunakan matriks QSPM maka disimpulkan alternatif strategi yang paling menarik dan feasible bagi BNI LIFE adalah Melakukan Penawaran Umum Perdana Ke Masyarakat ( I.P.O. ).Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5058PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Depatemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2005
Edisi-
SubjekStrategic management
Insurance companies
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiii, 79 p. : ill. ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?