Text
Analisis strategi pemasaran Hotel bintang lima di Jakarta : Studi kasus Hotel Park Lene Jakarta
Sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia, kota Jakarta tidak hanya merupakan kota terbesar di Indonesia, tetapi juga merupakan tulang punggung perekonomian negara. Salah satu bisnis yang sangat pesat perkembangannya adalah bisnis perhotelan. Hingga tahun 1999 terdapat 20.500 buah kamar hotel, dimana hotel berbintang 5 mendominasi suplai kamar di Jakarta, mewakili 36,7%, hotel bintang empat 27.9%, hotel bintang tiga 17.9%, dsan sisanya 17.7%. Untuk hotel bintang 5 itu sendiri persaingan juga semakin ketat, ditandai dengan semakin banyaknya hotel baru yang dibangun. Hingga tahun 2003 tedapat 38 hotel bintang 5 di Jakarta. Untuk Hotel Park Lane Jakarta itu sendiri kondisi ini mengharuskan mereka untuk waspada agar bisa bertahan dalam persaingan yang kian ketat. Maka dari itu diperlukan strategi pemasaran yang tidak hanya efektif tetapi juga harus efisien. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif, analisis trend,ANOVA, korelasi dan regresi. Penelitian ini akan membahas faktor ? faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran Hotel Park Lane Jakarta. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan analisis faktor eksternal ternyata diketahui bahwa terdapat korelasi yang kuat antara faktor kedatangan wisatawan domestik dengan tingkat hunian kamar Hotel Park Lane Jakarta, hal ini berarti bahwa ada hubungan yang kuat dan positif antara banyaknya wisatawan domestik ke Jakarta dengan naik turunnya tingkat hunian kamar Hotel Park Lane Jakarta. Kemudian juga didapat bahwa terdapat hubungan linear yang signifikan dan positif antara kedatangan wisatawan domestik ke Jakarta dengan tingkat hunian kamar Hotel Park Lane Jakarta. Hal ini berarti bahwa tingkat hunian kamar Hotel Park Lane Jakarta dapat diprediksi dengan melihat banyaknya wisatawan domestik yang datang ke Jakarta. Sedangkan kedatangan wisatawan mancanegara ternyata tidak menunjukkan korelasi yang signifikan dengan tingkat hunian kamar hotel Park Lane Jakarta. Dari hasil analisis deskriptif atas faktor ? faktor yang mempengaruhi seseorang untuk memilih hotel bintang 5 yang akan dia tempati. Faktor ? faktor yang tidak mempengaruhi adalah faktor harga dan faktor promosi yang intensif. Dari hasil analisis loyalitas didapat bahwa mayoritas responden adalah tamu yang loyal terhadap Hotel Park Lane Jakarta. Artinya tamu tersebut mau kembali menginap di Hotel Park Lane Jakarta di kemudian hari. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata ? rata yang diberikan oleh responden adalah sebesar 9.2727 atau nilai rata ? rata tersebut mendekati angka 10 yang berarti sangat baik. Dari hasil ANOVA didapat bahwa dari ke- tujuh faktor marketing mix, yaitu people, process, physical evidence, product, price, place dan promotion. Faktor ? faktor yang signifikan pengaruhnya terhadap tingkat loyalitas tamu hotel adalah people, physical evidence, product dan place. Dengan menggunakan analisis regresi diketahui bahwa ternyata dari ketujuh faktor marketing mix tersebut yang dapat digunakan untuk memprediksi tingkat loyalitas adalah faktor people dan physical evidence. Sedangkan dua faktor yang sebelumnya signifikan dari hasil analisis ANOVA yaitu faktor product dan faktor place ternyata tidak dapat dipakai. Hal ini memang sesuai dengan karakteristik kedua faktor tersebut yang memang konstan pada situasi apapun. Adapun saran yang dapat penulis ajukan untuk perbaikan manajemen Hotel Park Lane Jakarta adalah meningkatkan keramahan pegawai ? pegawai hotel, meningkatkan kecekatan pegawai hotel, menambah kemampuan karyawan hotel dalam hal penguasaan bahasa asing, meningkatkan standar kebersihan kamar tidur dan kamar mandi, menambah barang ? barang seni di dalam hotel,meningkatkan standar interior hotel, mengurangi aktivitas ? aktivitas promosi berupa iklan di media cetak ataupun elektronik untuk mengurangi biaya dan memberikan perhatian khusus pada upaya promosi untuk meningkatkan minat tamu domestik untuk menginap di Hotel Park Lane Jakarta. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5082 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Depatemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing strategy Hotels Marketing mix |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 134 p. : diagr. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |