Text
Brand valuation mengubah brand equity menjadi nominal mata uang-menggunakan metode : discounted cash flows, brand strengthassessment, brand value added dan economic use method, objek studi : produk merek Kotex Arie Febrianto
Brand merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan dan banyak perusahaan yang mencoba memperoleh suatu brand pada suatu harga premium diatas historical cost brand tersebut. Contoh kasus di Indonesia yang masih segar adalah akuisisi Brand Ades -air mineral- oleh coca cola dan Kecap Cap Bango oleh Unilever. Kedua transaksi tersebut menghadirkan beberapa pertanyaan yang vital dalam decision making. Bagaimana cara menilai suatu brand hingga mencapai suatu bilangan atau nominal harga tertentu? Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa harga yang ditawarkan merupakan harga wajar? dan apakah deal ini menguntungkan atau merugikan? Mengingat peran Brand yang sangat strategis, Brand equity sebagai sebuah konsep telah dikembangkan selama beberapa dekade (Aaker 1991; Keller 1998). Akan tetapi, konsep brand equity tidak mampu menjawab pertannyaan ?Berapa harga Brand anda?? dan ?how to value brands?? Konsep Brand equity berbeda dengan Brand value. Brand equity measurement merupakan sebuah proses komparatif dimana proses tersebut membandingkan suatu Brand diantara kategori produk dan wilayah geografis. Sedangkan brand valuation merupakan suatu proses evaluasi untuk menghasilkan tradeable value dari brand tersebut dalam suatu nominal mata-uang (Currency) tertentu (Rupiah, US Dollar, etc). Sementara banyak riset seputar Branding dan Brand Equity dalam beberapa tahun terakhir, akan tetapi riset pada Brand Valuation relatif lebih sedikit, walaupun brand valuation juga tergolong key managerial issue. Dalam tulisan ini dibahas literatur literatur tantangan terhadap Brand Valuation dan pendekatan valuasi. Beragam pendekatan dalam Brand Valuation juga didiskusikan. Dan sebagai inti dari tulisan ini, akan dikemukakan proses brand valuation terhadap objek produk merek Kotex. Ada bibliografi dan tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5107 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Financial management Brand equity |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 144 p. diagr. 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |