Text
Pengaruh endorser Dian Sastrowardoyo terhadap sikap pemirsa iklan televisi pada produk televisi Panasonic Dian series
Di dalam pembuatan iklan, selebritis banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai endorser produk mereka. Alasan perusahaan menggunakan selebritis dalam rangka mempromosikan produk mereka melalui iklan, dengan harapan bahwa pembaca atau pemirsa iklan akan bereaksi secara positif terhadap asosiasi selebritis dengan produk-produk mereka. Suatu perusahaan yang memutuskan untuk menggunakan selebritis guna mempromosikan produk mereka memiliki pilihan untuk menggunakan selebritis dengnan memberikan testimoni (kesaksian), dukungan (endorsement), berperan sebagai aktor dalam iklan, atau sebagai juru bicara (spokesperson) perusahaan. Dengan menggunakan selebritis sebagai endorser , maka harus dilakukan riset terlebih dahulu mengenai selebritis yang akan mewakili produk perusahaan. Bagaimana komitmen selebritis tersebut selama bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk. Pemilihan selebritis mana yang akan dijadikan endorser produk perusahaan, dapat lihat dari track record sang selebritis itu sendiri, apakah selama ini dia menunjukkan sikap yang positif secara konsisten, dalam artian, tidak ada berita-berita negatif tentang selebritis yang akan mendapat peran untuk mewakili produk perusahaan. Oleh karena itu, dalam rangka kampanye untuk mensosialisasikan perubahan merek National menjadi Panasonic, Dian Sastrowardoyo dipilih sebagai Duta Panasonic oleh PT NPG dengan pertimbangan bahwa Dian memiliki kepribadian yang sesuai dengan produk-produk National dan Panasonic yaitu Quality, Modern dan Lifestyle. Responden memiliki sikap positif terhadap kredibilitas dan kemenarikan, namun kurang memiliki sikap positif terhadap kekuatan Dian Sastrowardoyo sebagai endorser televisi produk televisi Panasonic Dian Series. Sikap responden kurang positif terhadap produk karena mereka bukanlah konsumen produk tersebut, namun positif terhadap merek dan tagline ?Panasonic? Iya Sih!?. Ternyata, baik hubungan antara sikap umum terhadap Dian dengan produk, maupun hubungan antara sikap umum terhadap Dian dengan iklan, merupakan hubungan yang lemah. Sebaiknya, untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya yang menjadi subyek adalah konsumen, bukan hanya pemirsa iklan televisi suatu produk saja, agar benar-benar dapat menilai produk dengan lebih obyektif. Sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara sikap terhadap iklan dengan sikap terhadap dengan sikap terhadap televisi Panasonic Dian Series. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5172 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing communication Advertising Consumer attitudes |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 105 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |