Text
Analisis perilaku konsumen dalam pembelian PC bermewrek dan PC rakitan : Studi kasius Mal Mangga Dua dan Dusit Mangga Dua
PC atau personal computer adalah seperangkat alat yang minimal terdiri dari CPU, monitor, keyboard, dan mouse. PC pada awal-awal terciptanya digunakan untuk membantu manusia dalam memecahkan perhitungan-perhitungan yang kompleks. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia yang juga semakin kompleks, maka PC digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia yang berhubungan dengan word processing (pengetikan), desktop publishing (penerbitan), dan database. Dalam harian Bisnis Indonesia hari Selasa, 7 Desember 2004, lembaga riset Gartner melaporkan bahwa penjualan personal computer atau PC selama kuartal ketiga 2004 di Indonesia mencapai 192.000 unit, atau naik 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Berbeda dengan laporan Gartner, menurut Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), penjualan PC selama kuartal ketiga 2004 mencapai 350.000 unit, sehingga pada akhir tahun total penjualan selama 2004 akan mencapai 1 juta unit atau naik dari 750.000 unit pada tahun lalu. Pada tahun 2005, diperkirakan penjualan PC akan meningkat menjadi sekitar 1,3 juta unit dibandingkan dengan akhir 2004 sebesar 1 juta unit (Bisnis Indonesia, Senin, 3 Januari 2005). Permasalahan yang ingin digali dalam penelitian ini adalah apakah perilaku pembelian konsumen benar-benar berbeda, dalam hal ini adalah konsumen yang memilih komputer branded dengan yang memilih komputer unbranded? Lalu apakah ada hubungan antara interest, pengeluaran rata-rata-perbulan, usia, pekerjaan dan penggunaan komputer dengan pemilihan komputer branded atau unbranded? Dan termasuk tipe perilaku pembelian manakah konsumen dalam pembelian komputer branded dan unbranded? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset deskriptif. Riset deskriptif ini dilakukan di Mal Mangga Dua dan Dusit Mangga Dua kepada 100 responden, dimana 50 responden adalah pemilik komputer bermerek dan 50 responden lainnya adalah pemilik komputer rakitan. Metode sampling penelitian ini adalah probability sampling dengan cara simple random sampling. Dari hasil analisa didapatkan bahwa ada perbedaan perilaku antara konsumen yang memilih komputer branded (bermerek) dengan konsumen yang memilih komputer unbranded (rakitan). Variabel yang paling membedakan perilaku kedua kelompok konsumen tersebut adalah merek, kemudian jenis optical drive, bonus pembelian, dan yang paling kecil pengaruhnya adalah variabel kapasitas memori. Kemudian untuk analisa hubungan antar variabel didapatkan bahwa ada hubungan antara minat atau hobi dengan pemilihan jenis komputer, ada hubungan antara pengeluaran rata-rata perbulan dengan pemilihan jenis komputer, ada hubungan antara usia dengan pemilihan jenis komputer, ada hubungan antara pekerjaan dengan pemilihan jenis komputer, serta ada hubungan antara penggunaan komputer dengan pemilihan jenis komputer. Lalu perilaku konsumen komputer branded dan unbranded sama-sama masuk dalam tipe perilaku Complex Decision Making.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5173 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behaviour Computer Branded |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 129 p., 17 p. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |