Text
Analisis store atmosphere terhadap perilaku berbelanja studi kasus : Matahari Departemen Store Cilandak Town Square
Selain untuk memenuhi sebagian dari persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, skripsi ini dibuat untuk menganalisis korelasi store atmosphere terhadap perilaku berbelanja di Matahari Department Store (MDS) Cilandak Town Square. Ada lima proses yang digunakan dalam analisis tersebut (tujuan penelitian) yaitu : 1.melakukan penilaian terhadap elemen-elemen yang mempengaruhi store atmosphere 2.mengukur emotional statement terhadap elemen-elemen yang mempengaruhi store atmosphere 3.menjelaskan korelasi antara penilaian terhadap elemen-elemen yang mendukung store atmosphere dengan pengukuran emotional statement 4.mengukur reaksi atau perilaku berbelanja (approach-avoidance) berdasarkan emotional statement setelah menilai elemen-elemen yang mempengaruhi store atmosphere 5.menjelaskan korelasi antara pengukuran emotional statement dengan pengukuran reaksi atau perilaku berbelanja (approach-avoidance). Untuk membantu menjawab pertanyaan penelitian, maka penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis korelasi. Analisis deskriptif digunakan pada proses pertama dan kedua. Analisis faktor digunakan pada proses pertama untuk memudahkan penelitian selanjutnya. Analisis korelasi digunakan pada proses ketiga dan kelima. Hasil dari penelitian ini adalah : 1Ada nya penilaian yang baik terhadap elemen-elemen pendukung store atmophere MDS Cilandak Town Square. 2.Pengukuran emotional statement mengindikasikan bahwa pengunjung merasa senang (pleasure), tertarik (arousal), dan terpengaruh (dominance) oleh store atmosphere MDS Cilandak Town Square. 3.Korelasi yang terjadi antara penilaian terhadap elemen-elemen pendukung store atmosphere dengan pengukuran emotional statement adalah bernilai positif dan kurang kuat. 4.Pengukuran terhadap perilaku berbelanja pengunjung MDS Cilandak Town Square mengindikasikan bahwa pengunjung ingin berada di dalam MDS Cilandak Town Square, ingin menjelajahi MDS Cilandak Town Square, ingin berinteraksi dengan pramuniaga MDS Cilandak Town Square, dan merasa puas dengan pengalaman berbelanja di MDS Cilandak Town Square. 5.Korelasi yang terjadi antara pengukuran emotional statement dengan pengukuran perilaku berbelanja adalah bernilai positif dan kurang kuat. Korelasi yang kurang kuat bisa terjadi karena MDS Cilandak Town Square hanya merupakan second place to go bagi para pengunjung Cilandak Town Square. Selain itu, MDS Cilandak Town Square juga memiliki merchandise yang variatif, harga yang kompetitif, dan program diskon yang gencar dilakukan. Penelitian ini juga memberikan beberapa saran terkait dengan observasi yang dilakukan peneliti dan hasil dari penelitian agar MDS Cilandak Town Square bisa memperbaiki beberapa elemen store atmosphere yang dinilai kurang baik oleh pengunjung. Penelitian ini juga memberikan beberapa saran yang bisa diperhatikan agar penelitian selanjutnya bisa lebih baik. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5174 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behaviour Retailing Department store |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xxiv, 221 p., 75 p. : diagr. ; 30 cm & lam |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |