Text
Analisa kepuasan klien PT Sucofindo pada jasa sertifikasi iso 9001 area Jakarta
Sertifikasi telah menjadi suatu kewajiban yang tidak dapat dihindarkan untuk perusahaan-perusahaan. Sertifikasi memungkinkan adanya keseragaman standard yang dapat mendorong kemajuan usaha perusahaan. Sertifikasi ISO 9001 oleh PT Sucofindo yang meliputi tentang manajemen mutu suatu perusahaan telah banyak didapatkan dan dilaksanakan perusahaan. PT Sucofindo merupakan jasa sertifikasi nasional terbesar saat ini. Kepuasan klien PT Sucofindo sangat memegang peranan penting sebagai penilaian atas kinerja jasa pelayanan sertifikasi PT Sucofindo. Penelitian ini dilakukan atas dasar untuk mengukur kepuasan klien PT Sucofindo. Data didapatkan melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan melakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan pihak PT Sucofindo untuk mendapatkan atribut pelayanan yang akan diukur dalam penelitian. Setelah atribut penelitian didapatkan, dilakukan penyebaran kuesioner kepada 52 perusahaan area jakarta meliputi seluruh populasi. Penelitian menggunakan pendekatan Service Quality dengan 5 dimensi yaitu Assurance, (jaminan). Tangiblity, (kasat mata). Emphaty, (simpati). Responsiveness, (ketanggapan). Responsibility, kehandalan. Metode analisa kepuasan klien dilakukan dengan Decriptives Analysis, Customer Satisfaction Index, Secure Customer Index, Quadrant Analysis, Key Driver Analysis, Radar Analysis. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa score CSI PT Sufindo sebesar 88.12% dimana jumlah ini sangat besar. Terdapat jumlah customer yang secure sangat banyak. Tidak ditemukannya korelasi yang kuat antara atribut pelayanan dengan kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Dalam pengelompokan 5 dimensi SERVQUAL ditemukan dimensi Assurance, Reliable dan responsiveness berada dalam kisaran yang memuaskan karena mean dari performance > dari mean importance. Sedangkan pada dimensi Emphaty dan tangible didapatkan hasil masih dalam kisaran kurang memuaskan karena mean Performance < mean impoertance, namun kesemua dimensi berada dalam kisaran skala kepuasan tinggi. Selain itu atribut yang memerlukan perhatian khusus adalah sebagai berikut: karyawan bersikap ramah, SICS mempunyai kerjasama dengan asing, jadwal audit disesuaikan jadwal klien, temuan auditor membantu kinerja klien, sarana parkir memadai, auditor berpenampilan rapih. Atribut tersebut memerlukan prioritas tinggi untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan klien PT Suofindo.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5176 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer satisfaction Service quality Certificate |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xii, 115 p, 57 p. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |