Text
Di tengah krisis ekonomi yang menghantam negara ini, lahirlah konsep ritel baru baru di Indonesia dengan membawa investasi yang cukup besar dari luar negeri. Hipermarket carrefour beroperasi pada tahun 1998 dengan menawarkan konsep belanja berbagai kebutuhan rumah tangga sehari-hari secara lengkap dalam satu bangunan yang nyaman serta menjual produknya dengan harga yang secara umum lebih murah dibandingkan jenis ritel lainnya tanpa kartu anggota. Seiring dengan waktu dan kesuksesan yang diraih Hipermarket Carrefour kemudian bermunculan ritel lain dengan konsep yang sama seperti Hipermarket Giant dan Hypermart. Hipermarket Carrefour dan Hipermarket Giant merupakan ritel sejenis yang saat ini terus berkembang. Kedua hipermarket tersebut sama-sama dimodali oleh perusahaan yang bergerak di bidang yang sejenis dan berasal dari luar negeri. Hipermarket Carrefour modalnya berasal dari Perancis, sedangkan Hipermarket Giant berasal dari Malaysia. Kedua hipermarket tersebut sebagian besar gerainya berada di Jakarta dan masing-masing memiliki beberapa gerai di kota besar lainnya. Munculnya kedua peritel besar tersebut merupakan fenomena dalam industri ritel di tanah air. Keduanya mampu menarik perhatian konsumen ritel modern dan tradisional dalam waktu yang singkat. Tentu saja hal itu menimbulkan berbagai permasalahan baru bagi ritel-ritel kecil. Kedua hipermarket tersebut apabila dilihat sekilas akan nampak serupa. Namun apabila ditelaah lebih jauh maka akan tampak perbedaannya. Secara umum konsumen melihat Hipermarket Carrefour lebih unggul dibandingkan dengan Hipermarket Giant. Akan tetapi perbedaan antara keduanya tidak terpaut jauh. Dari tujuh variabel yang diteliti ternyata konsumen memberi persepsi lebih baik pada semua Hipermarket Carrefour. Dengan demikian dibutuhkan segenap daya dan upaya dari pengelola Hipermarket Giant untuk dapat meningkatkan persepsi konsumen hipermarket secara umum untuk dapat sejajar ataupun mengungguli Hipermarket Carrefour. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5177 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Retailing Marketing mix Consumer perception Hypermarkets |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xix, 221 p. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |