Text
Terbukanya ritel domestik telah merubah peta persaingan industri ritel dan mendorong pertumbuhan industri ini ke arah bentuk pasar yang lebih modern. Salah satu bentuk pasar modern yang ada di Indonesia adalah Hypermarket. Saat ini terdapat 6 pemain dengan format hypermarket yaitu Carrefour, Giant, Alfa, Hypermart, Makro, Club Store. Meningkatnya persaingan diantara hypermarket telah mendorong peritel untuk lebih kreatif, salah satu strategi yang dilakukan peritel adalah dengan mengeluarkan private label. Topik ini diangkat untuk melihat tanggapan konsumen terhadap dikeluarkannya private label dengan mengetahui awareness konsumen akan kehadiran private label dan preferensi konsumen diantara private label yang ada. Pada penelitian ini dibatasi yang menjadi objek hanyalah private label yang dikeluarkan oleh lima hypermarket yang ada di Jabotabek. Hasil studi menunjukkan bahwa secara umum konsumen telah cukup aware atau menyadari kehadiran private label. Merek private label Giant, Aro dan Alfa adalah tiga merek private label yang memiliki awareness tertinggi. Untuk preferensi terhadap private label, ketiga private label ini ( Giant, Aro,Alfa ) juga merupakan merek private label yang paling dipilih oleh konsumen. Sementara itu faktor yang menjadi pertimbangan ketika memilih sesama private label adalah harga yang ditawarkan dan hypermarket yang mengeluarkan produk private label tersebut. Penelitian ini masih memiliki banyak kekurangan yang disebabkan oleh adanya keterbatasan-keterbatasan dalam pelaksanaannya. Untuk penelitian selanjutnya dengan topik yang sama, mungkin dapat dilakukan metode smapling yang lebih baik, sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih mencerminkan populasi..Bib & tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5182 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2004 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer research Hypermarket Brand Private label Ritailing |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 135 p., 135 p. : diagr., il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |