Text
Analisa proses bisnis kapal penumpang PT PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) sebuah pendekatan manajemen strategis
PT Pelni sebagai salah satu Badan Umum Milik Negara (BUMN) sejak tahun 2000 mengalami perubahan lingkungan bisnis yang sangat besar dan mendasar dari bisnis transportasi angkutan udara. Persaingan harga tiket pesawat udara membuat harga tiket angkutan laut menjadi tidak menarik secara absolut. Dampak dari perubahan ini sangat jelas dari menurun drastisnya jumlah penumpang yang mengakibatkan kerugian yang terus membengkak tiap tahunnya. Penulisan ini mencoba untuk merumuskan strategi baru bagi Pelni dan berhasil merumuskan strategi untuk melakukan diversifikasi konsentris dalam menciptakan produk baru, yaitu memperluas usaha pada bisnis kargo, dengan mencoba mengambil peluang besar keluarnya Instruksi Presiden No 5/2005 tentang pemberdayaan industri pelayaran nasional yang melarang beroperasinya pelayaran asing di perairan Indonesia mulai tahun 2008. Penulisan juga mencoba untuk merekomendasikan tujuan tahunan dari tiap-tiap bidang fungsional yang umumnya ada dalam suatu organisasi sebagai proses pelaksanaan strategi. Ditemukan juga bahwa sistem organisasional Pelni banyak memiliki kelemahan berarti yang membuat Pelni tidak kompetitif dalam industri dasarnya. Kelemahan tersebut lah yang harus diatasi sehingga operasional Pelni tidak terpengaruh besar terhadap setiap perubahan lingkungan eksternal yang terjadi.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5213 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Strategic management Corporate finance Shipping industry |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 172 p., 25 p. : diagr. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |