Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis persepsi konsumen pra dan pascarepositioning yang dilakukan majalah Saksi

Pandekar, Galih - ; Budhi J. (Pembimbing/Promotor) - ;

Banyaknya media massa Islam membuat tiap produk yang ada harus memiliki segmentasi yang jelas di kalangan target pasar yang ditujunya. Untuk membuat produk media massa Islam yang diingat oleh konsumen, maka produsen harus memposisikan produknya di mata konsumen secara tepat pula. Majalah Saksi sejak awal berdirinya memiliki strategi positioning sebagai media massa Islam yang tidak hanya membahas masalah-masalah keislaman saja tetapi juga membahas isu-isu yang cukup berat di kalangan masyarakat awam, yaitu isu politik. Tetapi sejak Mei 2003 Majalah Saksi melakukan perubahan positioningnya, yaitu dengan memfokuskan pemberitaannya tidak hanya terhadap isu-isu politik saja tetapi juga menampilkan pemberitaan tentang salah satu partai politik Islam di Indonesia yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dengan alat analisis yang digunakan maka penelitian ini mencoba melihat pengaruh positioning baru ini terhadap persepsi konsumen pembaca Majalah Saksi. Karakteristik konsumen pembaca Majalah Saksi menunjukkan bahwa konsumen mayoritas berpendidikan menengah ke atas dan memiliki kebutuhan informasi yang tinggi terhadap berita. Selanjutnya hasil yang ditunjukkan oleh diagram radar terhadap berbagai variable menampilkan bahwa positioning baru ini di mata konsumen memiliki nilai rata-rata persepsi yang lebih baik bila dibandingkan dengan positioning yang lama. Hasil analisis factor menunjukkan bahwa pada saat positioning lama hanya ada dua factor yang membentuk persepsi konsumen yaitu factor Islam dan factor Politik. Sedangkan pada saat positioning baru ada tiga factor yang membentuk persepsi konsumen yaitu factor Islam, factor PKS dan factor Lain-lain. Sehingga factor PKS tentunya menjadi factor yang signifikan di benak konsumen. Dari harapan-harapan yang ditampilkan konsumen maka konsumen menginginkan pemberitaan yang lebih banyak lagi tentang aktivitas politik partai lain. Sehingga mereka juga berharap tidak hanya PKS saja yang selalu ditampilkan.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5244PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2005
Edisi-
SubjekConsumer perception
Periodicals
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 101 p., 19 p. : diagr. ; 30 cm & lamp.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?