Text
Analisis strategi positioning pelumas Mesran berdasarkan persepsi konsumen diantara 5 pelumas lainnya (Agip, Shell, Castrol, Top One, Pennzoil) : studi kasus pelumas kendaraan bermotor 4 tak
Analisa strategi positioning pelumas Mesran berdasarkan persepsi konsumen diantara 5 pelumas lainnya (Agip, Shell, Castrol, Top One, Pennzoil). Ada lima proses yang digunakan dalam analisis tersebut (tujuan penelitian), yaitu : 1. Mengetahui perilaku konsumen pelumas kendaraan bermotor 4 tak ; 2. Mengidentifikasi atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam memilih merek pelumas yang digunakan saat ini ; 3. Mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut pelumas kendaraan bermotor 4 tak. ; 4. Mengetahui positioning Mesran dibandingkan dengan lima merek pelumas yang ada di Indonesia. ; 5. Mengidentifikasi peluang yang bisa dikembangkan oleh Mesran Pertamina. Untuk membantu menjawab pertanyaan penelitian, maka penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis asosiatif, analisis faktor, analisis frekwensi tingkat kepentingan atribut, dan analisis positioning. Analisis deskriptif dan analisis asosiatif digunakan pada proses pertama. Sementara analisis frekwensi tingkat kepentingan atribut digunakan pada proses kedua. Kemudian analisis faktor dan analisis positioning digunakan pada proses ketiga, keempat dan kelima. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Sebagian besar konsumen pelumas kendaraan bermotor 4 tak merupakan rational decision makers, low risk taker dan menggunakan low involvement medium untuk mengetahui informasi tentang pelumas kendaraan bermotor 4 tak. ; 2. Atribut yang dianggap paling penting oleh konsumen dalam memutuskan untuk memilih suatu produk pelumas adalah kualitas pelumas/oli yang baik. ; 3. Positioning Mesran berdasarkan Attribute Rating (AR) Perceptual Map adalah berada di sebelah kanan bawah dan statement yang disarankan oleh penulis kepada Mesran adalah ?Good Price Good Quality?, karena konsumen pelumas motor tak pada umumnya dan konsumen Mesran pada khususnya merupakan rational decision maker dan low risk taker. ; 4. Mesran bisa meningkatkan performanya dengan berfokus pada atribut kualitas oli yang baik, harga murah, tersedia dimana-mana, saran dari mekanik dan iklan yang gencar. Penelitian ini juga memberikan beberapa saran terkait dengan survey yang dilakukan oleh peneliti dan hasil dari penelitian agar pelumas Mesran bisa meningkatkan kinerjanya berdasarkan persepsi konsumen. Penelitian ini juga memberikan beberapa saran yang bisa diperhatikan agar penelitian selanjutnya bisa lebih baik. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5248 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Positioning Consumer behaviour Lubricants |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 163 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |