Text
Analisis persepsi konsumen pembaca terhadap positioning majalah Islami dengan pendekatan multidimensional scaling
Era kebebasan pers yang dimulai pada tahun 1998 berimbas kepada maraknya penerbit baru yang mengangkat berbagai macam tema yang ada. Salah satu terbitan yang juga marak pada saat itu adalah majalah yang mengangkat tema-tema islami atau yang dikenal dengan majalah islami. Dengan semakin banyaknya penerbit yang menerbitkan majalah islami, mengharuskan penerbit yang bersangkutan untuk memiliki positioning yang kuat sehingga dapat bertahan dalam pasar. Selain itu, penerbit majalah islami yang ada juga perlu untuk melakukan evaluasi terhadap positioning yang telah dibuatnya sehingga dapat memeperbaiki kinerjanya dimasa selanjutnya. Dengan bantuan analisis multidimensional scaling, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana positioning tujuh majalah islami yang ada dibenak konsumennya. Selain itu, penelitian ini juga berusaha untuk menjawab pertanyaan dalam hal apa saja majalah islami tersebut bersaing, bagaimana evaluasi terhadap positioning majalah islami yang menjadi objek penelitian, serta sebagai tambahan, penelitian ini mencoba mencari tahu bagaimana gambaran segmentasi konsumen dari majalah islami itu sendiri. Dan dari berbagai analisis yang telah disebutkan diatas, didapat sebuah kesimpulan dimana terdapat enam majalah yang mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi yaitu antara majalah Saksi dengan Sabili, Majalah Hidayah dengan majalah Ghoib, serta majalah Annida dengan majalah Ummi.Ada bibliografi dan tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5261 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Islam Consumer perception Periodicals |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | iv, 95 p., 52 p. : diagr. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |