Text
Analisis kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi penonton usia 18-24 tahun yang berdomisili di wilayah Kotamadya Jakarta Selatan terhadap kualitas jasa program pencari bakat "Indonesia Idol 2" dan "Akademi Fantasi Indosiar 2005"
Sebuah konsep program tv baru kini tengah meramaikan industri pertelevisian Indonesia, yaitu program pencari bakat berlisensi luar. Adapun dua program utama yang menjadi pemain besar dalam industri program tv yang mengombinasikan antara reality show dan variety show ini yaitu program ?Indonesian Idol 2? dan program ?Akademi Fantasi Indosiar 2005?. Persaingan antara kedua program ini pun semakin panas dan terbuka di tahun 2005, dimana keduanya berlomba-lomba untuk memenangkan hati para penontonnya. Namun pada kahirnya, hanya program yang dapat menyampaikan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan para pesaing dan lebih tinggi dari ekspektasi konsumen lah yang akan berhasil dan memenangkan persaingan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi penonton terhadap kualitas jasa program ?Indonesian Idol 2? dan program ?Akademi Fantasi Indosiar 2005?. Dalam penelitian ini dilakukan riset deskriptif terhadap 248 responden yang berdomisili di wilayah kotamadya Jakarta Selatan dan penonton dari kedua program tersebut. Data primer yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga statistical tools yaitu frekuensi, deskriptif ? average total score dan skor SERVQUAL. Dari hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa penonton memiliki ekspektasi yang positif terhadap program pencari bakat, persepsi yang positif terhadap program ?Indonesian Idol 2? dan persepsi yang negatif terhadap program ?Akademi Fantasi Indosiar 2005?. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis skor SERVQUAL, didapat bahwa kedua program, yaitu ?Indonesian Idol 2? dan ?Akademi Fantasi Indosiar 2005? belum mampu memenuhi ekspektasi penonton, sehingga menyebabkan ketidakpuasan penonton. Sehingga disarankan kepada kedua rumah produksi untuk memperbaiki, meningkatkan dan menyempurnakan kualitas jasa programnya untuk meningkatkan kepuasan penonton. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5262 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Service quality Consumer expectations Television programs |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 144 p., 7 p. : diagr., il. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |