Text
Analisis positioning Extra Joss berdasarkan persepsi konsumen minuman energi non-cair : studi kasus buruh pabrik Kawasan Industri Pulogadung
Analisis Positioning Extra Joss Berdasarkan Persepsi Konsumen Minuman Energi Non- Cair (Studi Kasus: Buruh Pabrik Kawasan Industri Pulogadung) X + 113 halaman + 21 tabel + 23 gambar + lampiran Terdapat lima tujuan utama dalam karya akhir ini, pertama yaitu mengetahui awareness konsumen terhadap merek-merek minuman energi non-cair, kedua mengetahui atribut-atribut penting minuman energi non-cair yang berpengaruh dalam proses konsumsi, ketiga mengetahui positioning merek Extra Joss berdasarkan persepsi konsumen minuman energi non-cair, keempat mengetahui kesesuaian antara positioning Extra Joss saat ini dengan positioning hasil penelitian, kelima menentukan strategi positioning dari Extra Joss. Hal ini dilandasi dengan semakin tingginya tingkat persaingan dalam produk minuman energi non-cair ini, yang ditandai dengan semakin bertambahnya pemain-pemain baru dalam kategori ini. Pertimbangan lainnya adalah perlunya manajemen merek Extra Joss untuk mempertahankan kedudukannya sebagai market leader melalui salah satu bidang dalam strategi pemasaran yaitu positioning berdasarkan persepsi konsumen. hal initimbul dalam pemikiran bahwa persepsi memegang peranan penting dalam proses informasi konsumen yang nantinnya akan dipakai dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu penelitian ini berupaya untuk melihat bagaimana positioning berdasarkan citra merek antar merek produk minuman energi non-cair, khususnya merek Extra Joss dengan merek close competitor-nya, yaitu Hemaviton Jreng, Fit-Up everfecent, Sakatonik Grenk, Naturade Gold. Ukuran sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanya 100 orang responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling dengan convenience sampling yang digunakan dengan pertimbangan constrain waktu, biaya dan tenaga. Dan yang menjadi populasi penelitian ini adalah para buruh pabrik yang bekerja di Kawasan Industri Pulogadung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, analisis deskriptif, analisis asosiatif, analisis faktor, dan correspondence analysis. Hasil penelitian berdasarkan perilaku responden, dapat disimpulkan beberapa temuan, yaitu Extra Joss merupakan merek top of mind awareness (55%) untuk kategori minuman energi non-cair. Toko dekat rumah (99%) merupakan tempat yang paling sering digunakan konsumen dalam membeli produk minuman energi non-cair. Atribut utama yang menjadi dasar pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi minuman energi non-cair adalah atribut penambah energi (5,18), diikuti oleh atribut kualitas kandungan (5,12), dan atribut kemudahan mendapatkan (5,1). Hasil temuan lainnya adalah merek Extra Joss cenderung mendominasi pernyataan atribut berdasarkan tingkat kesetujuan responden, antara lain untuk pernyataan atribut merek Extra Joss adalah ?dimana saja ada? (5,42), diikuti oleh ?praktis penyajiannya? (5,02), dan ?minuman penambah energi? (4,91), ?merek yang disegani? (4,85), ?minuman pemulih stamina? (4,82), ?kandungannya berkualitas tinggi? (4,73), ?aroma yang enak? (4,7), dan ?minuman untuk manjaga kesehatan? (4,63). Ditambah dengan analisis lainnya yang mencakup analisis faktor dan pemetaan correspondence analysis yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa positioning Extra Joss dipasar telah relevan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan. Adpun hasil analisis positioning tersebut pada akhirnya dapat dijadikan alternatif tema komunikasi sebagai nilai tambah, khususnya bagi merek Extra joss. Untuk kedepannya, agar lebih mendapatkan hasil yang maksimal maka perludilakukan riset lanjutan yang berupa riet media, dan efektifitas iklan sebagai bagian dari kerangka positioning secara menyeluruh. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5265 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer perception Brand awareness |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 135 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |