Text
Riset segmentasi pemilik sepeda motor bebek produksi Jepang
Setiap kegiatan pemasaran perusahaan diharuskan melakukan strategi pemasaran guna memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sehingga mampu memberikan profit bagi perusahaan. Strategi tersebut terkait dengan bauran pemasaran (marketing mix) yang didahului dengan menentukan segmentasi (segmenting), targeting, dan positioning pasar. Khususnya segmentasi pasar yang diterapkan untuk produsen sepeda motor bebek dari Jepang (Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki), yang membagi suatu pasar menjadi beberapa kelompok (segment) konsumen yang memiliki karakteristik ? karakteristik yang sama di dalam kelompok dan berbeda karakteristik ? karakteristik antara kelompok. Segmentasi penelitian ini yaitu riset segmentasi pemilik sepeda motor bebek produksi Jepang berdasarkan segmentasi psikografi (psychograpy segmentation), segmentasi perilaku (behavioral segmentation), dan segmentasi manfaat (benefit segmentation). Untuk menganalisis riset segmentasi, digunakanlah analisis klustering (clustering analysis) dan analisis tabulasi silang (crosstab analysis) untuk mendapatkan profil yang signifikan pada setiap kelompok dari 105 orang responden di seluruh wilayah DKI Jakarta, Bogor, dan Depok sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab tujuan yaitu membagi para pemilik sepeda motor bebek produksi Jepang ke dalam kelompok ? kelompok, mendapatkan profil kelompok yang terbentuk, mencari dari profil kelompok tersebut yang dianggap paling signifikan, serta tidak mendapatkan jenis segmentasi yang paling signifikan untuk seluruh kelompok. Penulis berhasil memenuhi jawaban yang berdasarkan keempat tujuan di atas. Pertama, para pemilik sepeda motor bebek produksi Jepang terbagi menjadi empat kelompok untuk setiap segmentasi. Segmentasi psikografi terdiri dari kelompok Nice Owners, Common Owners, Adventural Owners, dan Passive Owners. Segmentasi perilaku terdiri atas Public Owners, Very Optimal Owners, Higly Service Owners, dan New Owners. Begitu pula dengan segmentasi manfaat terdiri dari empat kelompok yaitu Highly Completed Benefit Owners, Efficient Owners, Basic Component Owners, serta Non Business Owners. Kedua, penulis mendapatkan profil kelompok yang terbentuk yang berbeda di setiap kelompoknya. Ketiga, dari seluruh profil kelompok terdapat beberapa profil kelompok yang signifikan digunakan dalam penelitian. Terakhir, tidak adanya jenis segmentasi yang paling signifikan untuk penelitian ini baik itu segmentasi psikografi, segmentasi perilaku, dan segmentasi manfaat. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5272 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2005 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer research Marketing strategy Market segmentation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 109 p., 78 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |