Text
Analisis positioning program Magister Manajemen studi kasus : MM UI terhadap 4 program MM lainnya
Fenomena abad 21 sendiri telah menyebabkan terjadinya perubahan pada dunia kerja yang mengarah pada sistem pengembangan SDM yang bersifat profesionalisme. Latar belakangnya adalah bahwa dunia kerja sekarang ini harus menghadapi persaingan global, sehingga harus berkompetisi. Kebutuhan akan peningkatan kualitas SDM yang komprehensif inilah yang diakomodir dengan banyaknya program-program pendidikan lanjutan seperti pascasarjana (S2 atau S3) bermunculan dalam berbagai bidang studi. Karena itu, penting untuk mengevaluasi posisi MM UI, saat ini ada dimana? Akankah tetap disana? Berangkat dari permasalahan/pertanyaan tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui atribut-atribut yang menjadi pertimbangan calon konsumen dalam memilih sekolah MM dan mengetahui posisi MM UI relatif terhadap pesaingnya berdasarkan persepsi calon konsumen, yaitu mahasiswa tingkat akhir dan pekerja dengan latar belakang sarjana di DKI Jakarta, terhadap atribut-atribut tadi. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, pertama secara eksploratori kemudian dilanjutkan dengan deskriptif. Penelitian eksploratori dilakukan terhadap berbagai pihak yang berkaitan dengan MM UI yaitu: Focus Group Discussion (FGD) potential customer (mahasiswa S1), FGD current customer (mahasiswa MM UI), in-depth interview user (perusahaan) dan analisis data sekunder. Sampel penelitian deskriptif diambil sesuai perhitungan Slovin yaitu 100 orang secara convenience sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa atribut-atribut yang menjadi pertimbangan calon konsumen dalam memilih sekolah MM adalah 21 atribut, yaitu: nama besar, image sekolah, lama menyelenggarakan program MM, kurikulum, metode pembelajaran, link ke dunia bisnis, pengajar terkenal, pengajar adalah praktisi, fasilitas, kemitraan, biaya, lokasi, almamater, waktu pendaftaran, proses seleksi masuk, menyediakan beasiswa, kerjasama dengan universitas luar negeri, keberhasilan alumni, saran orang tua, referensi dosen / tokoh disegani dan termasuk sekolah rekomendasi dari institusi pemberi beasiswa. Berdasarkan persepsi responden terhadap 21 atribut diatas diketahui bahwa posisi MM UI relatif berbeda jika dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya: MM UGM, Prasetiya Mulya, STM PPM dan IPMI. Sedangkan MM UGM dengan Prasetiya Mulya cenderung dipersepsikan mirip, begitu pula dengan STM PPM dengan IPMI yang dipersepsikan sangat mirip di benak calon konsumen. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5331 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Positioning Consumer research Higher education Business school |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 113 p. : grafik. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |