Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisa personalitas merek dari brand dan brand extension case study : Aqua & Aqua Fruit

Tengku Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Rizky, Disa - ;

Saat ini, banyak perusahaan yang menerapkan strategi brand extension dalam meluncurkan produk barunya ke pasar. Brand extension merupakan strategi dimana merek yang sudah ada (parent brand) yang biasanya sudah cukup dikenal masyarakat digunakan kembali untuk produk atau jasa baru. Salah satu strategi Brand Extension yang cukup fenomenal di Indonesia adalah yang dilakukan oleh AQUA. Setelah 30 tahun setia dengan hanya 1 merek, pada tahun 2004 meluncurkan produk barunya yaitu air putih dengan rasa buah yang kemudian diberikan nama merek yang sama dengan pendahulunya, yaitu AQUA fruit. Penulis kemudian melakukan beberapa penelitian yang mempelajari mengenai personalitas merek yang dimiliki oleh AQUA & AQUA fruit, dengan cara membagikan kuesioner dan melakukan wawancara dengan brand owner, yaitu Marketing Manager dari AQUA. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan 5 dimensi yang terdiri dari 42 variabel personalitas merek yang ditemukan oleh Jennifer Aaker (1997). Dan hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut : - ?Jika dilihat berdasarkan persepsi konsumen, terdapat banyak faktor personalitas merek untuk AQUA & AQUA fruit yang masih berada dibawah ekpektasi brand owner & bahkan ada beberapa yang dipersepsikan secara berbeda. - ?AQUA & AQUA fruit memiliki pola penyebaran faktor brand personality yang berbeda. - AQUA kuat untuk dimensi SINCERITY & COMPETENCE - AQUA FRUIT kuat untuk dimensi EXCITEMENT - Faktor dominan untuk masing-masing dimensi personalitas merek dari AQUA & AQUA fruit hanya 1 dimensi yang serupa, yaitu faktor TRENDY untuk dimensi EXCITEMENT, sedangkan 4 dimensi lainnya berbeda. Dari hasil yang didapatkan, terlihat bahwa brand owner dari AQUA masih perlu untuk meningkatkan image produknya sehubungan dengan personalitas merek yang diberikan oleh konsumen masih memiliki gap dengan ekpektasi dari brand owner.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5335PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2006 2006
Edisi-
SubjekConsumer perception
Brand extension
Brand personality
Minerals water
Parent brand
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikx, 108., 38 p. : diagr, ill. ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?