Text
Analisis positioning tabloid olahraga berdasarkan persepsi konsumen pembaca terhadap atribut produk dengan melakukan representasi pada peta persepsi studi kasus : Tabloid Bola, Media Olahraga Go, Tabloid Coccer, dan Tabloid Topkcor
Persaingan diantara penerbit tabloid olahraga menyebabkan konsep positioning menjadi sangat penting untuk memenangkan persaingan. Penerbit perlu mengetahui bagaimana persepsi konsumen pembacanya terhadap tabloid olahraga yang mereka terbitkan sehingga mereka bisa memberikan produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen pembacanya. Positioning tabloid olahraga dibenak konsumen pembaca bisa dijelaskan oleh atribut-atribut produk yang mempengaruhi proses pembelian tabloid olahraga tersebut. Dengan melakukan riset analisis positioning tabloid olahraga berdasarkan persepsi konsumen pembaca terhadap atribut produk maka penerbit bisa melakukan evaluasi produknya dan mengembangkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan. Berdasarkan hasil riset eksploratoris diperoleh dua belas atribut yang mempengaruhi proses pembelian tabloid olahraga yaitu harga yang dibayarkan, gaya bahasa dan kualitas penulisan, keakuratan informasi dan materi prediksi, intensitas penerbitan, variasi cabang olahraga, jumlah halaman, tersedia di mana-mana, kualitas kertas tabloid, tata letak dan pengaturan rubrik tabloid, judul halaman depan (cover), tampilan fisik tabloid menarik, dan adanya kolumnis dari luar negeri. Riset ini menyatakan terdapat satu atribut yang dinilai ?sangat penting?, tujuh atribut dinilai ?Penting?, dan empat atribut yang dinilai ?Agak Penting? dari dua belas atribut yang mempengaruhi proses pembelian. Sementara itu berdasarkan sebaran atribut pada peta persepsi, BOLA dapat menggunakan atribut ?banyak variasi cabang olahraga?, ?informasi dan materi prediksi akurat?, ?judul halaman depan (cover) menarik?, ?tersedia di mana-mana?, ?gaya bahasa dan kualitas penulisan bagus?, dan ?tata letak dan pengaturan rubrik tabloid bagus? sebagai dasar positioning. GO bisa memakai ?intensitas penerbitan tinggi?, ?jumlah halaman tebal?, dan ?banyak variasi cabang olahraga? sebagai dasar positioning-nya. SOCCER sebagai dasar positioning-nya dapat menggunakan ?harga murah?, ?informasi dan materi prediksi akurat?, ?tersedia di mana-mana?, ?judul halaman depan (cover) menarik, dan ?ada kolumnis dari luar negeri?. TopSkor bisa memakai ?gaya bahasa dan kualitas penulisan bagus?, ?kualitas kertas tabloid bagus?, ?tata letak dan pengaturan rubrik tabloid bagus?, dan ?tampilan fisik tabloid menarik? sebagai dasar positioning. Terakhir Peneliti melakukan evaluasi pernyataan positioning tabloid olahraga apakah masih relevan dengan persepsi konsumen pembacanya dan memberikan saran-saran untuk penerbit. Ada tabel & lamp
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5340 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behavior Decision making Positioning Consumer perception |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 147 p. : diagr. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |