Text
Analisis efektifitas iklan format film pendek : studi komparasi iklan BMW
Berdasarkan survey DRI tahun 1998, BMW menemukan bahwa brand mereka tidak menarik bagi konsumen muda usia. Selain itu, menurut survey Roper Reports, usaha pemasaran seperti iklan tidak disukai kaum muda. Karenanya, BMW di tahun 2001 mengeluarkan BMWFilms, suatu serial film pendek di internet yang dibuat dengan dua tujuan: membuat BMW relevan bagi calon pembeli muda usia dan menangkap pembeli potensial berusia 25-44 tahun untuk meningkatkan pembelian, terutama pada Seri 3. Karena BMW menginginkan BMWFilms dilihat sebagai entertainment dan bukan sebagai advertising, tiap versi iklan dibuat oleh sutradara yang berbeda dan mereka diberikan kebebasan kreatif tanpa kontrol dari BMW. Hal ini memunculkan pertanyaan apakah tiap versi film pendek dalam BMWFilms memiliki efektifitas yang sama dalam membentuk sikap para penontonnya. lewat film pendek tersebut. Berangkat dari permasalahan/pertanyaan tersebut, riset ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan secara signifikan antara tiap versi iklan dalam membentuk sikap penontonnya, apakah perbedaan dalam variabel demografis responden yakni gender, pengetahuan produk, dan kepemilikan terhadap mobil mewah, akan menghasilkan sikap yang berbeda terhadap BMWFilms, serta apakah dengan bentuknya sebagai iklan dengan format film pendek, penonton memahami pesan yang ingin disampaikan oleh BMW. Sampel sebanyak 103 orang adalah mahasiswa FEUI berusia 18-24 tahun, sampel diambil dengan metode convenience sampling. Hasil riset menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat perbedaan sikap penonton dalam merespons keempat iklan BMWFilms yang menjadi bahan penelitian. Variabel demografis yang berpengaruh terhadap perbedaan sikap adalah pengetahuan tentang produk kendaraan, dimana iklan versi Chosen dan Powderkeg tidak efektif digunakan kepada audiens dengan pengetahuan kendaraan yang berbeda. Pesan iklan yang diinginkan, yakni untuk menunjukkan performa BMW, berhasil diterima oleh responden, dimana 82,5% dari seluruh pesan masuk adalah mengenai performa BMW. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5345 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Advertising Consumer attitudes Car industry |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 117 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |