Text
Analisa hubungan antara swiching cost dari GSM ke CDMA terhadap customer loyality dari pelanggan GSM
Kehadiran dua jenis teknologi dalam industri telekomunikasi seluler yaitu GSM dan CDMA memicu terjadinya persaingan antar keduanya. Persaingan tersebut terutama terjadi karena CDMA menawarkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan GSM. Hal tersebut dapat menjadi ancaman bagi perusahaan penyedia jasa GSM karena dapat memicu pelanggan mereka untuk beralih ke CDMA. Namun jika diperhatikan terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pelanggan bila mereka beralih ke CDMA. Kendala-kendala tersebut adalah switching cost yang harus ditanggung oleh pelanggan bila beralih ke CDMA. Dikatakan dalam beberapa teori bahwa terdapat hubungan antara switching cost dengan customer loyalty yaitu semakin besar switching cost yang harus ditanggung oleh seorang pelanggan jika mereka beralih, maka semakin besar pula kesetiaan atau tingkat loyalitas pelanggan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara switching cost dengan customer loyalty. Secara lebih jauh penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara dimensi-dimensi dari switching cost dengan dimensi-dimensi dari customer loyalty yaitu antara contractual switching cost dengan cognitive loyalty, relational switching cost dengan affective loyalty dan conative loyalty, serta informational switching cost dengan action loyalty. Data yang didapatkan di lapangan diolah dengan factor analysis dan hubungan antara switching cost dengan customer loyalty dan hubungan antara dimensi-dimensinya akan diketahui melalui metode canonical correlation yang merupakan bagian dari multivariate technique. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa memang terdapat hubungan antara switching cost dari GSM ke CDMA dengan customer loyalty dari pelanggan GSM atau dengan kata lain semakin tinggi switching cost dari GSM ke CDMA maka semakin tinggi pula customer loyalty dari pelanggan GSM. Selain itu diketahui pula bahwa terdapat hubungan antara contractual switching cost dari GSM ke CDMA dengan cognitive loyalty dari pelanggan GSM atau dengan kata lain semakin tinggi contractual switching cost dari GSM ke CDMA maka semakin tinggi pula cognitive loyalty dari pelanggan GSM. Kemudian penelitian ini juga dapat mengetahui bahwa memang terdapat hubungan antara relational switching cost dari GSM ke CDMA dengan affective loyalty dan conative loyalty dari pelanggan GSM atau dengan kata lain semakin tinggi relational switching cost dari GSM ke CDMA maka akan semakin tinggi pula affective loyalty dan conative loyalty dari pelanggan GSM. Dan pada akhirnya penelitian ini pun dapat membuktikan bahwa memang terdapat hubungan antara informational switching cost dari GSM ke CDMA dengan action loyalty dari pelanggan GSM atau dengan kata lain semakin tinggi informational switching cost dari GSM ke CDMA maka semakin tinggi pula action loyalty dari pelanggan GSM. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5355 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer loyality Factor analysis Communication systems Swiching cost |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 146 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |