Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis pengaruh konsep city store terhadap value yang dipersepsikan konsumen studi kasus : pada Gerai City Store Bata di Jakarta

Tengku Ezni B. (Pembimbing/Promotor) - ; Sarasdinanti, Rr. Retno Meinati - ;

Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan bisnis ritel sepatu yang semakin tinggi khususnya di kota besar seperti di Jakarta. Untuk menyikapi kondisi persaingan yang ada, PT. Sepatu Bata menerapkan konsep city store pada sejumlah gerainya di Jakarta, yang bertujuan selain untuk membuka target pasar baru juga untuk menciptakan image baru di mata konsumennya. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsep city store dalam menciptakan image baru dari sudut pandang dan persepsi konsumennya maka dalam penelitian ini dimensi-dimensi retail image diukur berdasarkan akses, store atmosphere, harga, promosi, cross-category assortment dan within-category assortment. Berdasarkan retail image konsumen terhadap gerai city store maka penulis berusaha mengetahui tingkat hubungannya pada persepsi konsumen terhadap retail brand, kualitas produk, value, dan juga keinginan pembelian. Penelitian dilakukan terhadap pengunjung dari seluruh gerai city store Bata di Jakarta yang seluruhnya berjumlah tiga belas gerai, dengan sampel sebanyak 143 responden yang berusia minimal 16 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis frekuensi, summated scale dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata store atmosphere beserta within-category assortment yakni keunikan dan ketersediaan dari bermacam-macam pilihan atribut produk pada gerai city store benar-benar memiliki hubungan yang signifikan pada persepsi konsumen terhadap brand gerai city store. Persepsi konsumen terhadap brand gerai city store itu sendiri memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi konsumen terhadap kualitas produk. Persepsi konsumen terhadap kualitas produk city store memiliki hubungan yang signifikan pada persepsi konsumen terhadap value yang didapat dari gerai city store. Terakhir, persepsi konsumen terhadap value yang didapat dari gerai city store memiliki hubungan yang signifikan pada keinginan konsumen untuk membeli produk city store. Dengan demikian pihak Bata perlu meningkatkan elemen-elemen konsep city store yang berpengaruh signifikan pada persepsi konsumennya, untuk dapat mewujudkan tujuannya memperluas target pasar, khususnya untuk meraih pasar kelas menengah ke atas. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5359PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2006
Edisi-
SubjekCompetition
Shoe industry
Consumer perception
Brand images
City store
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiii, 104 p., 28 p. : diagr, ill.. ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?