Text
Analisis pengaruh konsep city store terhadap value yang dipersepsikan konsumen studi kasus : pada Gerai City Store Bata di Jakarta
Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan bisnis ritel sepatu yang semakin tinggi khususnya di kota besar seperti di Jakarta. Untuk menyikapi kondisi persaingan yang ada, PT. Sepatu Bata menerapkan konsep city store pada sejumlah gerainya di Jakarta, yang bertujuan selain untuk membuka target pasar baru juga untuk menciptakan image baru di mata konsumennya. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsep city store dalam menciptakan image baru dari sudut pandang dan persepsi konsumennya maka dalam penelitian ini dimensi-dimensi retail image diukur berdasarkan akses, store atmosphere, harga, promosi, cross-category assortment dan within-category assortment. Berdasarkan retail image konsumen terhadap gerai city store maka penulis berusaha mengetahui tingkat hubungannya pada persepsi konsumen terhadap retail brand, kualitas produk, value, dan juga keinginan pembelian. Penelitian dilakukan terhadap pengunjung dari seluruh gerai city store Bata di Jakarta yang seluruhnya berjumlah tiga belas gerai, dengan sampel sebanyak 143 responden yang berusia minimal 16 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis frekuensi, summated scale dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata store atmosphere beserta within-category assortment yakni keunikan dan ketersediaan dari bermacam-macam pilihan atribut produk pada gerai city store benar-benar memiliki hubungan yang signifikan pada persepsi konsumen terhadap brand gerai city store. Persepsi konsumen terhadap brand gerai city store itu sendiri memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi konsumen terhadap kualitas produk. Persepsi konsumen terhadap kualitas produk city store memiliki hubungan yang signifikan pada persepsi konsumen terhadap value yang didapat dari gerai city store. Terakhir, persepsi konsumen terhadap value yang didapat dari gerai city store memiliki hubungan yang signifikan pada keinginan konsumen untuk membeli produk city store. Dengan demikian pihak Bata perlu meningkatkan elemen-elemen konsep city store yang berpengaruh signifikan pada persepsi konsumennya, untuk dapat mewujudkan tujuannya memperluas target pasar, khususnya untuk meraih pasar kelas menengah ke atas. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5359 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Competition Shoe industry Consumer perception Brand images City store |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 104 p., 28 p. : diagr, ill.. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |