Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis hubunganantara pola asuh, kekuasaan orangtua, strategi pengaruh dan pengaruh relatif anak usia 12-16 tahun dalam pengambilan keputusan pembelian Telepon Seluler

Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Adriati, Mellisa - ;

Berbagai penelitian telah membuktikan adanya pengaruh anak yang cukup signifikan dalam pengambilan keputusan dalam keluarga. Dua teori yang paling sering digunakan dalam mempelajari pengaruh anak dalam keputusan konsumsi keluarga adalah teori sosialisasi konsumen dan teori hubungan kekuasaan. Kedua teori ini kemudian digabungkan menjadi suatu teori integratif, yang diharapkan dapat memprediksi pengaruh anak terhadap keputusan konsumsi dalam keluarga secara lebih baik. Penelitian ini mencoba membuktikan kembali hubungan antarvariabel dalam model integratif tersebut (pola asuh, kekuasaan orangtua, strategi pengaruh dan pengaruh relatif anak) dalam pengambilan keputusan dan subkeputusan mengenai pembelian ponsel untuk anak. Hasilnya, tidak semua hubungan antarvariabel yang ada dalam model terbukti signifikan dalam penelitian ini. Hanya tiga dari lima hubungan yang menjadi hipotesis yang terbukti, yaitu hubungan antara pola asuh dengan strategi pengaruh yang dilakukan anak; pola asuh dengan pengaruh relatif anak; dan kekuasaan orangtua dengan strategi pengaruh yang dilakukan anak. Di sisi lain, tidak ditemukan hubungan antara pengaruh relatif anak dengan kekuasaan orangtua dan strategi pengaruh yang dilakukan oleh anak. Adanya hubungan-hubungan dalam model yang tidak terbukti membuat penulis menarik kesimpulan bahwa model belum dapat digunakan sepenuhnya untuk memprediksi proses pengambilan keputusan pembelian ponsel dalam keluarga. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5366PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Universitas Indonesia 2006
Edisi-
SubjekDecision making
Consumer behaviour
Children
Socialization proces
Handpon
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxii, 134 p. : diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?