Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis perbedaan iklan untuk wanita generasi X dan Y di Jabotabek : studi kasus iklan Citra White Lotion dan Carefree Panty Shields di Majalah Femina

Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Laminaria - ;

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara wanita generasi X dan Y pada iklan produk wanita di majalah dalam hal sikap terhadap iklan beserta elemen-elemen di dalamnya, preferensi iklan yang disukai, dan executional elements yang harus ada.. Iklan-iklan yang diteliti adalah iklan produk wanita yang ada di majalah wanita yang ditujukan untuk wanita generasi X (lahir tahun 1965-1978) yang lebih menonjolkan informasi tentang produk dan Y (lahir tahun 1979-1995) yang lebih menonjolkan tampilan produk. Iklan-iklan yang diteliti adalah iklan Citra White Lotion tahun 1997 dan 2005 serta iklan Carefree Panty Shields tahun 1992 dan 2005. Semua iklan yang diteliti diambil dari Majalah Mingguan Wanita Femina. Sampel dalam penelitian terdiri dari 50 orang wanita generasi X dan 50 orang wanita generasi Y (quota sampling) yang pernah membaca majalah wanita dan berdomisili di Jabodetabek (judgment sampling). Penelitian diawali dengan riset eksploratoris melalui studi literatur kepustakaan dan internet dilanjutkan dengan survey lapangan melalui pembagian self-administered questionnaire. Sebelum kuesioner disebarkan, terlebih dulu dilakukan pretest untuk melakukan uji internal consistency reliability dari skala pengukuran yang dilakukan. Selanjutnya baru disebar kuesioner penelitian yang sesungguhnya lalu dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah akan dilakukan uji parametrik atau uji non parametrik. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS 11.5 menggunakan analisis data Frequencies dan Mann Whitney. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara wanita generasi X dan Y dalam hal sikap maupun preferensi terhadap tampilan iklan tertentu, yaitu sama-sama lebih menyukai iklan yang lebih menonjolkan tampilan produk. Sementara executional elements yang akan mendorong wanita generasi X dan Y untuk membeli suatu merek produk adalah adanya model pria, animasi, dan tampilan berbagai variasi produk. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5368PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Universitas Indonesia 2006
Edisi-
SubjekWomen
Marketing communication
Advertising
Magazine
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikx, 121 p. : ill. ; 29 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?