Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisa karakteristik, Benefit, dan image produk dalam penilaian prferensi konsumen terhadap pembalut Wanita di kalangan remaja

Indra - ; Dwi Widiastri (Pembimbing/Promotor) - ;

Persaingan produk pembalut wanita di Indonesia yang menyasar segmen remaja makin marak belakangan ini. Di Indonesia setidaknya ada 15 merek pembalut wanita yang beredar di pasaran. Merek-merek yang umumnya dikenal adalah Charm, Whisper, Laurier, Kotex, Libra, Stayfree, Softex, Carefree, Hers Protex, Honeysoft dan pendatang baru yaitu Bagus Nina dari Bagus Group. Strategi yang dilakukan perusahaan pembalut cenderung seragam dalam memasarkan produknya. Beragamnya dan gencarnya perusahaan pembalut mengiklankan produk mereka baik melalui media massa, personnel selling, event, sponsorship, dan pembagian sample produk gratis membuat remaja putri kebingungan dalam mengambil keputusan memilih sebuah produk pembalut. Namun adanya pembagian sample tersebut menyebabkan remaja putri dapat melakukan evaluasi secara langsung terhadap suatu merek pembalut. Evaluasi yang dilakukan ialah dengan mempertimbangkan karakteristik produk, benefit produk, dan image produk tersebut. Dengan adanya evaluasi tersebut, mereka kemudian melakukan pemilihan produk yang akan mereka gunakan. Tentunya preferensi setiap orang berbeda satu sama lainnya. Permasalahan yang ingin digali dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa kombinasi atribut yang ideal menurut responden dalam memilih pembalut, atribut mana yang mempunyai nilai preferensi terbesar untuk setiap tipe atribut, dan apa faktor terpenting dari responden dalam memilih pembalut dilihat dari ketiga tipe atribut, yakni tipe atribut karakteristik, tipe atribut benefit, dan tipe atribut image pembalut. Dari hasil analisa yang telah dilakukan dalam penelitian ini didapatkan kombinasi ideal pembalut wanita adalah pembalut yang tidak menggunakan gel didalamnya, bentuk pembalut yang ada sayapnya (wing), yang tidak tembus ketika digunakan dari segi kenyamanannya, yang mempunyai image pembalut untuk wanita yang banyak melakukan aktivitas, yang panjang pembalutnya adalah 34 cm, dan mempunyai daya serap tinggi. Untuk tipe atribut karakteristik, sebagian besar responden lebih memilih atribut panjang pembalut sebagai preferensi terbesarnya sedangkan untuk tipe atribut benefit, sebagian besar responden memilih atribut kenyamanan sebagai preferensi terbesar mereka dan untuk tipe image pembalut, sebagian besar responden memilih image pembalut untuk wanita yang banyak melakukan aktivitas sebagai preferensi terbesar mereka. Dari ketiga tipe atribut yang mencakup tipe atribut karakteristik, benefit, dan image ternyata sebagian besar responden lebih memilih tipe atribut karakteristik sebagai faktor terpenting ketika mereka memilih sebuah pembalut.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5383PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2006 2006
Edisi-
SubjekMarketing
Consumer research
Consumer behaviour
Brand image
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikx, 72 p., 38 p. : diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?