Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pemetaan brand positioning menggunakan analisis multidimensional scaling studi Kasus : Merek Kartu CDMA di DKI Jakarta

Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Parlindungan, Salomo - ;

Potensi pasar yang menjanjikan dan masih terus berkembangnya teknologi dalam industri ini, melahirkan persaingan diantara pelaku pasar yang semakin sengit guna memperbesar pangsa pasarnya. Sehingga perusahaan membutuhkan strategi positioning yang tepat agar konsumennya memiliki kepercayaan bahwa merek yang ditawarkan memiliki keunggulan lebih dibanding merek lainnya. Berdasarkan keadaan tersebut maka yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah merepresentasikan persepsi konsumen pada peta persepsi, posisi suatu merek relatif terhadap persaingan, sehingga brand positioning merek kartu CDMA dapat ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Responden yang akan diambil adalah konsumen yang menggunakan produk kartu CDMA. Analisis atas data yang diperoleh akan dilakukan dengan menggunakan statistical tools yaitu multidimensional scaling melalui dua pendekatan yaitu pendekatan non-atribut dan pendekatan atribut. Analisa pendekatan non-atribut menghasilkan peta posisi persaingan antar merek; pada dimensi satu, Flexi dan Esia bersaing, sedangkan StarOne dan Fren memiliki posisi berbeda; pada dimensi dua, Flexi, Esia,dan Fren saling bersaing, sedangkan StarOne memiliki posisi yang berbeda. Analisa pendekatan atribut menghasilkan Flexi dan Esia bersaing pada atribut: harga perdana, variasi nilai pulsa, kekuatan sinyal, dan kejernihan suara; sedangkan pada atribut: program promosi dan citra operator, persaingan terjadi antara Flexi, Esia, dan Fren. Saran bagi penelitian selanjutnya agar memilih responden yang lebih merepresentasikan keseluruhan unsur populasi. Ada bibliografi tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5388PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2006
Edisi-
SubjekConsumer perception
Brand positioning
Multidimensional scaling
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxii, 81 p., 23 p. : diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?