Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Market integration of red chili commodity markets in Indonesia

Novida Siti Jubaedah - ; Susan Newman (Pembimbing/Promotor) - ;

Tesis ini bertujuan untuk menganalisis integrasi pasar komoditas Cabe merah antar 23 pasar di lokasi produksi sayuran di Indonesia dan integrasi pasar antara Pasar Induk di Jakarta dengan 23 pasar produsen Cabe merah di Indonesia. Data yang digunakan adalah data tahunan mulai dari Januari 2000 hingga Desember 2011 untuk data harga Cabe merah di tingkat produsen dan data tahunan mulai Januari 2005 hingga Desember 2011 untuk harga Cabe merah di tingkat Pasar Induk Kramat Jati di Jakarta. Selain harga Cabe merah, variabel lain juga digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh pada hubungan antar pasar komoditas Cabe merah antara lain data produksi, populasi, jarak antar pasar, infrastruktur dan jumlah pasar. Engle dan Granger kointegrasi tes dan ECM digunakan untuk menganalisa transmisi harga, integrasi pasar dan dinamika hubungan jangka panjang dan pendek pada pasar komoditas Cabe merah di Indonesia. Selanjutnya dilakukan analisa deskripsi untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada integrasi pasar tersebut. Hasil analisis pada model 1 menyimpulkan bahwa pada umumnya pasar produsen tidak terintegrasi dengan Pasar Induk Kramat Jati di Jakarta. Hubungan antar pasar ini cenderung mengarah pada hubungan jangka pendek saja. Sedangkan, hasil pada Model 2 mengindikasikan bahwa pasar komoditas Cabe merah antar 23 pasar produsen di Indonesia memiliki hubungan jangka panjang. Selain itu, perubahan harga jangka pendek yang terjadi di pasar komoditas Cabe merah cenderung langsung berdampak pada harga komoditas Cabe merah di pasar produsen yang lain. Studi ini juga membuktikan bahwa integrasi pasar komoditas Cabe merah di Indonesia dipengaruhi oleh kualitas infrastruktur yang baik, lokasi dan jarak antar pasar, serta peluang pasar yang diindikasikan melalui besarnya jumlah pasar dan jumlah konsumen atau populasi di wilayah tersebut.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 541/13PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2013
Edisi-
SubjekIndonesia
Prices
Market integration
Commodity market
Red chili
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 127 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?