Text
Faktor-faktor penentu perdagangan internasional Indonesia 1996-2005 : sebagai analisis variabel non ekonomi "Gold, Gospel, and Glory"
Perdagangan internasional merupakan elemen penting bagi setiap negara dalam perekonomiannya. Faktor-faktor ekonomi dan juga non-ekonomi menjadi penentu dalam perdagangan internasional yang terjadi. Jika berabad-abad yang lalu Portugis dan Spanyol mengusung semangat ?Gold, Gospel, and Glory? dalam perdagangan yang mereka lalukan, lalu bagaimana dengan para pelaku perdagangan internasional sekarang. Apakah mereka masih mengusung semangat yang sama? Skripsi ini mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan menggunakan variabel GDP, jarak, krisis, agama, isu terorisme, dan demokrasi pada perdagangan internasional Indonesia selama 1996-2005. Hasil temuan yang didapat menunjukkan hanya variabel ekonomi GDP, krisis dan jarak (mewakili semangat Gold) yang berpengaruh signifikan terhadap perdagangan internasional Indonesia, sementara variabel agama, isu terorisme, demokrasi (mewakili semangat Gospel and Glory) tidak signifikan pengaruhnya. Temuan ini menunjukkan bahwa pertimbangan ekonomi-lah yang menentukan perdagangan internasional Indonesia selama 1996-2005.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5446 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | International trade Trade Economics Exports Gross domestic product |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | viii, 107 p. : diagr. ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |