Text
Analisa hubungan peningkatan leverage terhadap keagresifan beriklan perusahaan pada industri barang konsumsi yang listing di Bursa Efek Jakarta
Struktur modal perusahaan diduga mempengaruhi persaingan non harga perusahaan. Penelitian ini berfokus pada hubungan antara peningkatan modal menggunakan hutang (meningkatnya leverage) terhadap keagresifan beriklan perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEJ. Perusahaan dikatakan agresif apabila perusahaan tersebut memiliki pengeluaran iklan yang lebih besar dari tahun sebelumnya dan peningkatan pengeluaran iklan ini lebih besar dibandingkan dengan rata-rata peningkatan pengeluaran iklan serupa dari para pesaingnya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan regresi berganda metode Generalized Least Square (GLS) dengan model data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan leverage perusahaan akan mengakibatkan berkurangnya keagresifan perusahaan dalam beriklan. Seiring dengan meningkatnya leverage, pangsa pasar perusahaan mempengaruhi secara negatif terhadap keagresifan beriklan perusahaan. Semakin besar pangsa pasar perusahaan maka semakin berkurang pula keagresifanperusahaan dalam beriklan. Semakin agresif perusahaan yang meningkatkan leverage-nya beriklan pada tahun sebelumnya (t-1), maka keagresifan beriklan perusahaan tersebut akan semakin meningkat pada tahun berikutnya (t). Selain itu ditemukan pula bahwa peningkatan pada aset perusahaan seiring dengan meningkatnya leverage perusahaan akan meningkatkan keagresifan perusahaan dalam beriklan. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5572 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Multiple regression analysis Corporate finance Capital structure of companies Advertising Consumer goods |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | vii, 90 : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |