Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis segmentasi psikografis sebagai pertimbangandalam perencanaan strategi promosi terhadap lanisa studi kasus : konsumen lanjut usia di Jakarta

Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Bintana, Rieza Adhitya - ;

Pertumbuhan penduduk lanjut usia yang semakin meningkat merupakan sebuah potensi bisnis yang sangat besar dan menggiurkan para produsen. Untuk menyasar pasar oldies ini, produsen harus merencanakan strategi promosi yang tepat. Keterbatasan dan kemampuan Lansia untuk menyerap informasi serta perilaku mereka terhadap kegiatan promosi berbeda dengan tingkat usia lainnya. Sehingga menuntut kemampuan produsen dan biro iklannya untuk merencanakan kegiatan promosi yang sesuai agar efektif dan efisien. Namun, masih terbatasnya riset yang mengambarkan karakteristik pasar konsumen lanjut usia di Indonesia akan menyulitkan pemasar dalam menentukan strategi promosi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik dan segmentasi pasar konsumen lanjut usia di Jakarta dengan melakukan analisis segmentasi berdasarkan psikografis. Selain itu, penelitian ini juga menggambarkan secara umum mengenai perilaku konsumen lansia terhadap kegiatan promosi yang dilakukan oleh produsen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Cluster, Analisis Diskriminan, dan Statistik Deskriptif (frekuensi dan tabulasi silang). Data primer didapat dengan penyebaran kuisioner teradap 100 orang Lansia di Jakarta. Dari hasil penelitian didapat bahwa segmentasi konsumen Lansia di Jakarta berdasarkan gaya hidup (segmentasi psikografis) yang dikembangkan dari pernyataan tentang AIO (Activity, Interest dan Opinion) dengan menggunakan analisis cluster dan diskriminan menghasilkan 3 cluster. Cluster 1 dengan ciri-ciri aktifitas dan kepercayaan diri tinggi serta berjiwa moderen. Cluster 2 dengan ciri-ciri konservatif, price rational, dan sederhana. Sedangkan Cluster 3 dengan ciri-ciri berjiwa sosial tinggi dan berorientasi terhadap keluarga dengan kehidupan yang seimbang. Dan beberapa penemuan tentang perilaku dan sikap konsumen lansia terhadap kegiatan promosi produsen.Ada bibliografi dan tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5573PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2006
Edisi-
SubjekMarketing management
Consumer research
Promotion
Market segmentation
Aged
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiii, 137 p., 17 p. : diagr. ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?