Text
Gap analysis terhadap saluran pemasaran pada industri intra venous (I V) solution : sebuah studi eksploratori
Banyak aspek yang harus diperhatikan di dalam jalannya sebuah industri. Salah satu aspek tersebut adalah fungsi distribusi dan saluran pemasaran yang terdapat dalam industri tersebut. Dahulu distribusi hanya dipandang sebagai aktivitas menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Namun dewasa ini, fungsi distribusi dan saluran pemasaran telah jauh berkembang. Sebuah saluran pemasaran dibuat lebih dari sekedar hanya untuk menyalurkan sebuah produk. Sebuah saluran pemasaran juga dimaksudkan untuk menambah nilai bagi produk-produk yang dipasarkan melalui saluran pemasaran tersebut. Nilai tambah yang diciptakan oleh anggota-anggota saluran pemasaran dan dikonsumsi oleh end-user bersamaan dengan pembelian produk dinamakan service-output. Bagi industri farmasi, dalam hal ini industri I V Solution atau infus, saluran pemasaran memegang peranan yang sangat penting. Sebagai produk yang sifatnya life saving, diharapkan fungsi distribusi dan saluran pemasaran dalam industri infus dapat berlangsung secara maksimal. Dan agar proses distribusi berlangsung maksimal, maka service output yang diinginkan oleh konsumen (dalam hal ini rumah sakit) harus mampu dipenuhi dengan service output yang ditawarkan oleh produsen dan distributor (dalam hal ini produsen produk infus dan Pedagang Besar Farmasi). Dari penelitian yang telah saya lakukan, terlihat beberapa gap yang terjadi di dalam saluran pemasaran produk infus. Gap-gap tersebut terdapat dalam beberapa aspek antara lain: waiting and delivery time, sistem informasi dan komunikasi, kekosongan produk, pengiriman barang yang berulang, sistem discount, proses negosiasi, serta after sales service. Gap yang ada tersebut harus dikurangi dan diminimalkan dengan berbagai customer service dan solusi-solusi sehingga tercipta customer satisfaction, dan pada akhirnya berujung pada customer loyalty. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5590 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Hospitals Marketing channels Distribution channels Parmaceutical industry |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 181 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |