Text
Analisis ekuitas merek Intel
Penelitian yang penulis lakukan membahas kekuatan merek Intel. Studi ini dilakukan dengan panduan teori ekuitas merek berdasarkan model yang dipaparkan oleh Aaker (1991). Terdapat empat variabel yang diteliti, yaitu variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek Intel sudah baik dimana telah mencapai kesadaran puncak pikiran. Jika ditilik dari kondisi pengingatan kembali merek, Intel selalu berada di urutan tiga besar. Selain itu, tidak ada satupun responden yang tidak mengenal merek Intel. Asosiasi merek yang melekat di Intel adalah ?Terkenal?, ?Pentium?, ?Prosesor?, ?Banyak digunakan orang?, ?Komputer?, ?Tahan lama?, ?Chipset?, dan ?Canggih?. Dilihat dari persepsi kualitas, terdapat dua kuadran yang ditempati atribut-atributnya antara lain; Kuadran II (?Kestabilan?, ?Kemampuan menjalankan program ?berat??, ?Daya tahan produk?, ?Kemampuan multi-tasking?, dan ?Kemampuan over-clock?) dan Kuadran IV (?Kemudahan up-grade?, ?Jumlah daya listrik yang dibutuhkan?, ?Suhu?, ?Kemampuan digunakan tanpa henti dalam jangka waktu yang lama?, dan ?Kecepatan?). Terakhir, kondisi loyalitas merek Intel ditandai kecenderungan semakin tinggi tingkatannya semakin banyak konsumennya namun terdapat kelemahan pada kedua tingkatan teratas ( ?pembeli yang menyukai merek? dan ?pembeli yang komit?). Berdasarkan penelitian dari keempat dimensi diatas, ekuitas merek Intel dapat dikatakan cukup baik. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5597 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing management Brands Brand equity Computer industry |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 110 p., 65 p. : diagr., il. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |