Text
Analisis pengaruh switching cost terhadap switching intention konsumen GSM Pascabayar : studi kasus pengguna Kartuhalo Telkomsel di DKI Jakarta diajukan oleh Rahmadina Milang Bawanestri
Sebagai perusahaan operator telekomunikasi yang telah malang melintang di Indonesia, Telkomsel telah menancapkan kukunya dengan kuat dalam industri selular yang saat ini semakin diramaikan dengan bermunculannya banyak operator telekomunikasi yang baru. Telkomsel dengan GSM pascabayarnya yaitu kartuHALO telah mendapat kepercayaan dari banyak pelanggan di Indonesia. Di industri bisnis yang sarat akan persaingan ini, switching cost merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak beralih ke produk atau jasa kompetitor. Switching cost atau biaya yang menghalangi konsumen untuk pindah dari produk atau jasa perusahaan saat ini kepada produk atau jasa kompetitor, sebenarnya bukanlah hal baru dalam pemasaran. Dengan mengetahui biaya untuk beralih yang harus dikeluarkan konsumen, maka usaha untuk menetapkan strategi pemasaran dan komunikasi produk kepada target pasar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Hal ini perlu dicermati mengingat dampaknya yang besar mulai dari meningkatkan kepuasan pelanggan sampai membentuk loyalitas pelanggan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari switching cost terhadap terhadap switching intention pada pengguna kartuHALO di DKI Jakarta. Penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 150 orang responden yang merupakan pengguna kartuHALO. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS 11.5 dengan menggunakan teknik factor analysis, serta AMOS 4.0 dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari dimensi switching cost terhadap switching intention konsumen kartuHALO, yaitu dimensi procedural switching cost, financial switching cost, dan relational switching cost terhadap switching intention. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa relational switching cost adalah dimensi yang paling besar pengaruhnya terhadap switching intention.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5702 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Universitas Indonesia., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Telecommunication industry Consumer loyality |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 125 p. : diagr. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |