Text
Konsumen akan melakukan pemecahan masalah secara ekstensif dan cenderung menggunakan sumber informasi personal ketika dihadapkan pada situasi pembelian produk dengan harga yang mahal, jarang dibeli, high product involvement, serta kelas produk yang kurang familiar (Solomon, 2007). Hal ini semakin didukung oleh pernyataan yang diutarakan oleh Mourali, et al (2005), bahwa konsumen cenderung lebih menyukai dan mengandalkan sumber informasi personal ketika dihadapkan pada situasi pembelian seperti yang telah dipaparkan di atas, karena sifat dari informasi personal yang diperoleh dari keluarga atau teman terpercaya, akan menyediakan peluang untuk klarifikasi dan feedback yang cepat bagi si pencari informasi. Berangkat dari uraian di atas, maka peneliti ingin mengangkat hasil penelitian terdahulu (Mourali, et al, 2005) mengenai latar belakang yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap sumber informasi personal dalam pencarian informasi pada tahap pra-pembelian notebook, sebagai permasalahan penelitian dalam tugas akhir ini dengan memberikan kontribusi pada bidang akademis berupa penerapan model replikasi penelitian ini pada sampel responden mahasiswa Universitas Indonesia. Peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap pencarian informasi personal dalam tahap pencarian informasi ketika konsumen sedang berada dalam situasi pra-pembelian sebuah notebook. Berdasarkan studi pustaka, ditentukan sebuah model yang menggambarkan hubungan antara faktor-faktor atau variabel laten yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap pencarian informasi personal. Variabel laten dalam model ini terdiri dari product knowledge, perceived risk, need for cognition, self confidence, susceptibility to personal influence, dan preference to personal information. Variabel laten tersebut diukur dengan variabel manifes seperti product familiarity, expertise, financial risk, performance risk, convenience risk, attitude toward problems, attitude toward problem solving, attitude toward social environment, attitude toward buying decision, normative influence, informational influence, affective response, dan frequency. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer dari 150 mahasiswa Universitas Indonesia, melalui penyebaran kuesioner penelitian preferensi konsumen terhadap pencarian informasi personal. Kemudian hasil dari kuesioner ini diolah dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software LISREL (Linear Structural Relationship) untuk menganalisis model dengan mendapatkan faktor mana yang berpengaruh pada preferensi konsumen terhadap pencarian informasi personal. Dari hasil penelitian yang telah diolah dengan menggunakan software LISREL 8.71, disimpulkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap preferensi terhadap informasi personal atau terhadap variabel preference to personal information adalah susceptibility to personal influence, self confidence, need for cognition, product knowledge, dan perceived risk terbukti signifikan secara statistik dengan koefisien jalur secara berurutan sebesar 0.319, 0.524, -0,382, -0.177, 0.818. Hubungan negatif antara product knowledge dan perceived risk juga terbukti signifikan secara statistik sebesar -0.210. Selain itu, hubungan negatif antara self confidence dan susceptibility to personal influence tidak terbukti secara signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa analisis model yang didapat dari penelitian dengan responden mahasiswa Universitas Indonesia ini sedikit berbeda hasilnya dengan beberapa hipotesis penelitian terdahulu mengenai faktor yang mempengaruhi preferensi terhadap informasi personal. Pada penelitian Mourali et al (2005) diperoleh hasil bahwa kesemua hipotesis terbukti signifikan secara statistik, kecuali hipotesis 3 mengenai hubungan antara self confidence dan susceptibility to personal influence, di mana hubungan positif antara perceived risk dengan preference for personal information tidak terbukti signifikan secara statistik.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5705 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta: Universitas Indonesia 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer research Consumer behaviour Computers Consumer information |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 156 p. : diagr. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |