Text
Analisis perbedaan respon perokok dan non perokok terhadap iklan high level fear appeal dan low level fear appeal diajukan oleh Tarpudin
Asap rokok tidak saja mengganggu kesehatan perokok aktif tetapi juga para perokok pasif (non perokok), dan dapat menimbulkan kematian. Sebatang rokok terdiri dari 4.000 bahan kimia dan kebiasaan merokok diketahui dapat menyebabkan 25 penyakit di tubuh manusia. Diseluruh dunia maupun di Indonesia sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga tertentu yang mengusahakan agar masyarakat menyadari pentingnya menjaga kesehatan dengan menghindari asap rokok, salah satunya dengan iklan anti merokok. Penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan respon antara perokok dengan non perokok setelah melihat iklan anti merokok yang menggunakan fear appeal dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan respon dari responden (perokok dan non perokok) terhadap pesan iklan anti merokok yang menggunakan high level fear appeal dengan low level fear appeal. Penelitian ini menggunakan variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian Qiuhong Zhang (1996), diantaranya adalah variabel dari severity of threat, occurance probability, fear arousal, response efficacy, ad attitude, attitude toward smoking, self efficacy dan behavior intention. Test unit dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Indonesia di Depok yang dijadikan responden. Jumlah responden berjumlah 100 orang. Sebanyak 50 orang adalah perokok dan 50 orang lainnya adalah non perokok. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis reliability, distribusi frekuensi (frequencies), Kolmogorov-Smirnov, jika data berdistribusi normal selanjutnya akan diolah menggunakan T Test, jika tidak berdistribusi normal data selanjutnya akan diolah dengan Mann-Whitney dan Sign Test. Analisis data ini akan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 11.5. Setelah melakukan analisis, penulis menyimpulkan bahwa cenderung tidak ada perbedaan antara perokok dengan non perokok terhadap iklan fear appeal dan cenderung tidak ada perbedaan antara iklan low level fear appeal dengan high level fear appeal pada iklan anti merokok yang telah diperlihatkan.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5708 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Universitas Indonesia., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing communication Advertising Smoking |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | ix, 131 p., 15 : diagr. , 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |