Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh consumer shopping value terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen studi kasus : konsumen toko pakaian bermerek Zara dan Number 61 diajukan oleh Tiza Swiwara Satwika

Satwika, Tiza Swiwara - ; A.G. Ajeng Nariswari (Pembimbing/Promotor) - ;

Persaingan ketat di industri ritel, terutama ritel pakaian, menuntut adanya upaya diferensiasi pada setiap ritel. Strategi diferensiasi yang dapat dilakukan, antara lain retail branding. Toko pakaian Zara dan Number 61 mempunyai image yang unik dan berbeda, yaitu sebagai toko pakaian bermerek yang mengutamakan high fashion dan low price. Selain itu, masing-masing toko menjual produk pakaian yang memiliki brand sama dengan brand toko itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh consumer shopping benefit (hedonic dan utilitarian value) terhadap kepuasan serta loyalitas konsumen dalam konteks toko pakaian bermerek (retail branded apparel store). Tujuan lain penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan persepsi konsumen yang signifikan terhadap toko pakaian bermerek dengan image yang berbeda. Penelitian dilakukan melalui observasi dan survei kuesioner terhadap 110 orang responden yang merupakan konsumen toko pakaian bermerek Zara dan Number 61. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode statistik frekuensi, uji beda t-test, analisis faktor dan regresi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat hubungan positif dan pengaruh yang signifikan antara consumer shopping benefit, yang terdiri dari hedonic dan utilitarian value, dengan kepuasan konsumen (consumer satisfaction). Selain itu, terdapat pula hubungan positif dan pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan (customer loyalty). Dibandingkan toko pakaian bermerek Number 61, keseluruhan nilai rata-rata hasil evaluasi berbelanja responden pada toko pakaian bermerek Zara, lebih tinggi secara signifikan. Hal tersebut mengindikasikan konsumen memiliki persepsi bahwa toko pakaian dengan high fashion image (Zara) men-deliver consumer shopping benefit, kepuasan konsumen dan membentuk loyalitas lebih tinggi dibandingkan toko pakaian dengan low price image (Number 61). Selain itu, manfaat hedonic dan utilitarian berbelanja dapat menjadi indikator dalam menentukan tingkat kepuasan serta loyalitas konsumen dalam konteks toko pakaian bermerek. Oleh karena itu, toko pakaian bermerek Zara maupun Number 61 sebaiknya memperkuat image yang sudah tertanam dalam benak konsumen agar dapat membentuk persepsi konsumen yang lebih positif. Selain itu, toko pakaian Zara maupun Number 61 sebaiknya juga meningkatkan benefit yang ingin ditawarkan kepada konsumen melalui pengalaman berbelanja yang unik dan berbeda sehingga mampu meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
5725PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Universitas Indonesia 2007
Edisi-
SubjekBrands
Consumer satisfaction
Retailing
Consumer layalty
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikviii, 108 p., 18 p. : diagr, ill. ; 30 cm & lamp.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?