Text
Peranan image transfer dalam aktifitas event-sponsorship studi kasus : marketing insight seminar & training 2007 (MIST-2007) diajukan oleh Ary Rizzandi
Event-Sponsorship yang termasuk dalam aktifitas komunikasi pemasaran menjadi salah satu pilihan yang popular bagi para pemasar dewasa ini, hal ini disebabkan karena event-sponsorship dianggap lebih accountable dibandingkan dengan aktifitas komunikasi pemasaran lainnya, seperti pemasangan iklan di media cetak dan media elektronik. Selain itu juga, event-sponsorship dapat dijadikan jalan bagi aktifitas komunikasi pemasaran bagi perusahaan yang mendapatkan larangan dan keterbatasan untuk melakukan iklan di media televisi maupun media elektronik lainnya. Dalam konsep event-sponsorship terdapat kerangka dan proses image transfer, secaa konseptual didefinisikan sebagai proses perpindahan image dari image atas sebuah event menuju image perusahaan sponsor pada event tersebut. Dalam proses image transfer dilakukan evaluasi terhadap post-event sponsor image yang dipengaruhi oleh variabel preevent penelitian ini adalah adanya pembagian dua kategori kelompok dalam variabel sponsor awareness, yang terbagi atas sponsor awareness/recall unaided dan sonsor awareness/recall aided. Variabel sponsor awareness/recall juga dipengaruhi oleh variabel brand prominence, event-sponsor fit, event involvement dan exposure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan dalam aktifitas event-sponsorship untuk pada akhirnya dapat meningkatkan efektifitas dari event-sponsorship. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi perusahaan sponsor dalam melakukan pemilihan event untuk di sponsori. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan peserta pada event Marketing Insight Seminar & Training 2007 (MIST- 2007) yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa Management Student Society FEUI (MSS-FEUI). Data yang telah dikumpulkan kemudiah diolah dengan menggunakan program SPSS 13.0 dengan menggunakan teknik descriptive statistic analysis, factor analysis, discriminan analysis dan regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam aktifitas event-sponsorship dengan kerangka image transfer terdapat dua variabel yang perlu diperhatikan, yaitu variabel post-event sponsor image dan sponsor awareness/recall. Pada variabel post-event sponsor image secara dominan dipengaruhi oleh varibel event image untuk kelompok sponsor awareness/recall unaided dan pre-event sponsor image untuk kelompok sponsor awareness/recall aided. Variabel sponsor awareness/recall secara dominan dipengaruhi oleh event-sponsorship fit.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5751 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Universitas Indonesia., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Consumer behaviour Marketing communication Responsorship |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 70 p., ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |