Text
Perencanaan Garuda Indonesia training center (GITC) diajukan oleh Stefano Krisanto T.
Kegiatan pemasaran sangat penting dan tidak tepisahkan dalam aktifitas bisnis perusahaan. Pemasaran berperan penting dalam menyesuaikan kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Oleh karena itu agar aktifitas bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik maka perlu direncanakan suatu perencanaan yang bersifat sistematis terhadap kegiatan pemasaran dalam perusahaan tersebut. Proses perencanaan yang sistematis itulah yang kemudian disebut dengan perencanaan pemasaran (marketing planning). Perencanaan pemasaran adalah ?the planned application of marketing resources to achieve marketing objectives.? (Malcom McDonald, 2002). Pengertian yang lain menjelaskan bahwa perencanaan pemasaran adalah ?a set of objectives, strategies, and tactics orchestrating all of the organization?s marketing activities designed to help company achieve its financial objectives? (Tom Duncan, 2002) Obyek laporan magang ini adalah pembuatan perencanaan pemasaran untuk Garuda Indonesia Training Center, yang diharapkan dapat memecahkan permasalahan pemasaran di GITC. Permasalahan pemasaran tersebut adalah GITC belum memiliki perencanaan pemasaran yang sistematis bagi kegiatan pemasaran mereka. Hal ini membuat GITC tidak memiliki penentuan segmentation, targeting, dan positioning (STP) yang jelas sehingga belum ada penentuan siapa yang menjadi target pelanggan utama dari kegiatan bisnis GITC, padahal penentuan target ini merupakan tahap yang sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis. Karena GITC tidak memiliki penentuan segmentation, targeting, dan positioning (STP) yang jelas, maka GITC tidak dapat menghitung berapa konsumen yang potensial (potential customer), yang menjadi target bagi kegiatan bisnis dan produk mereka sehingga GITC juga akan sulit untuk menentukan estimasi pendapatan yang diharapkan akan tercapai. GITC memang sudah memiliki estimasi pendapatan yang diharapkan akan tercapai, namun estimasi pendapatan tersebut belum menjelaskan darimana pendapatan tersebut berasal atau dengan kata lain siapa yang menjadi target pasar sesungguhnya dari GITC. Setelah membuat analisa STP GITC dapat diketahui bahwa yang menjadi target utama dari kegiatan bisnis GITC adalah kategori perusahaan bukan kategori individu, alasannya adalah karena kategori perusahaan menyumbang jumlah pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kategori individu. Setelah membuat perencanaan pemasaran khususnya analisa STP ini barulah GITC dapat membuat strategi dan tujuan pemasaran mereka. Strategi pemasaran dari GITC sebaiknya memfokuskan pada target perusahaan dibandingkan dengan individu. Sedangkan tujuan pemasaran GITC adalah meningkatkan revenue dan profit GITC, serta meningkatkan revenue dari pihak luar Garuda Indonesia.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5785 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Universitas Indonesia., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Airlines Training Marketing plans |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | ix, 97 p. : diagr. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |