Text
Analisis dan perancangan sistem informasi siklus pendapatan pada Admail PT. Pos Indonesia
AdMailPOS sebagai salah satu unit bisnis PT Pos Indonesia yang memberikan layanan terintegrasi mulai dari pencetakan sampai dengan pengantaran dokumen sangat membutuhkan penerapan teknologi informasi dalam melakukan aktivitas bisnisnya. Penerapan teknologi informasi ini dilakukan agar AdMailPOS dapat memberikan layanan yang optimal bagi para pelanggannya. Penelitian ini berfokus pada penerapan teknologi informasi pada siklus pendapatan AdMailPOS yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Selama ini AdMailPOS belum memiliki sistem akuntansi sendiri. Setiap pendapatan yang diperoleh dibukukan oleh masing-masing kantor pos yang berkerja sama dengan AdMailPOS. Selain itu, meskipun sistem produksi AdMailPOS telah terkomputerisasi, namun sistem ini belum terintegrasi dengan sistem yang lain, termasuk sistem informasi akuntansi dan Customer Response System (CRS) yang merupakan sistem penanganan keluhan pelanggan. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, beberapa masalah sistem informasi yang menjadi kendala pada siklus pendapatan AdMailPOS adalah: pengukuran pendapatan, pengecekan piutang, penelusuran aktivitas penjualan serta penelusuran status pesanan klien untuk menangani komplain klien. Penelitian ini mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan pendekatan Model-Driven Development yang diterapkan pada metode Framework for the Application of System Thinking (FAST). Pendekatan Model-Driven Development merupakan pendekatan yang menggunakan model sistem dalam menggambarkan sebuah realitas sistem untuk membantu visualisasi sistem, menganalisis masalah, mendefinisikan kebutuhan bisnis dan merancang sistem informasi. Pemodelan sistem yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pemodelan use-case yang berpusatkan pada pengguna, pemodelan data yang menggunakan entity relationship diagram (ERD) untuk mengatur dan mendokumentasikan data sistem serta pemodelan proses yang menggunakan diagram aliran data (data flow diagram) untuk mengelola dan mendokumentasikan proses sistem. Sedangkan metode FAST, merupakan agile method yang mengintegrasikan berbagai peralatan dan teknik dari berbagai metode pengembangan sistem sesuai dengan masalah dan situasi yang dihadapi. Metode FAST dalam suatu proyek pengembangan sistem informasi terdiri dari beberapa tahap, namun penelitian ini hanya akan membahas sampai pada tahap analisis sistem, yang meliputi tahap: Definisi Lingkup (Scope Definition), Analisis Masalah (Problem Analysis), Analisis Kebutuhan (Requirement Analysis) dan Perancangan Logis (Logical Design). Dari hasil analisis, meskipun akuntansi AdMailPOS belum terpisah dengan unit bisnis yang lain, pembukuan AdMailPOS dapat dilakukan dengan pembentukan rekening khusus milik AdMailPOS dalam pembukuan kantor pusat. Untuk itu diperlukan beberapa File Master maupun File Transaksi AdMailPOS yang terintegrasi dengan database sistem infor akuntansi kantor pusat. Dengan demikian, AdMailPOS dapat selalu mengetahui pendapatan yang diperoleh maupun biaya yang telah dikeluarkan. Pengukuran kinerjapun dapat dilakukan dengan lebih mudah meskipun pembukuan berada di kantor pusat. Sedangkan Customer Response System (CRS) yang telah ada perlu dilengkapi dengan sistem upload otomatis yang dapat selalu mengupdate status pesanan pada saat produksi maupun distribusi sehingga status pesanan selalu dapat diketahui keberadaannya. Dengan demikian diharapkan pelayanan serta penanganan komplain klien dapat semakin ditingkatkan. Perancangan sistem dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan perancangan logis (logical design) yang menggambarkan kebutuhan data dan informasi, kebutuhan proses bisnis serta kebutuhan antarmuka bisnis dan sistem AdMailPOS. Pemodelan use-case yang dihasilkan dalam penelitian ini dijelaskan dengan spesifikasi proses dan narasi use case untuk setiap proses. Sedangkan untuk entity relationship diagram dan data flow diagram dijelaskan dengan Kamus Data. Prototype yang dihasilkan adalah prototype sistem sederhana yang berupa mock-up yang dibuat menggunakan Microsoft Access, di mana belum seluruh fungsinya dapat dijalankan dengan sempurna. Dengan sistem yang diusulkan, diharapkan dapat membantu kegiatan operasional AdMailPOS sehari-hari serta membantu dalam pembuatan laporan untuk kepentingan pengambilan keputusan strategis manajemen yang dapat diaplikasikan dalam siklus pendapatan AdMailPOS mulai dari aktivitas entri pesanan, pengiriman, penagihan sampai dengan penerimaan kas. Tahap perancangan dan implementasi sistem tidak dibahas dalam penelitian ini. Oleh karena itu, untuk tahap selanjutnya penelitian ini perlu dikembangkan hingga tahap perancangan dan implementasi dengan melibatkan disainer sistem serta pengembangan sistem informasi dari sisi aplikasi dan teknologi.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 587/06 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Magister Akuntansi FEUI., 2006 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Accounting information systems Information systems System design Post office |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 84 p., 97 p. : diagr, ill. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |