Text
Pengaruh symbolic, affective dan tradeoff value terhadap repurchase intention : studi kasus konsumen produk denim bermerek
Persaingan ketat di industri denim, khususnya di Indonesia, menuntut upaya setiap merek untuk dapat memenangkan hati konsumen. Penjualan denim bermerek yang terkenal di Indonesia secara keseluruhan mengalami penurunan hingga 20-35% pada tahun 2007, penurunan ini salah satunya dikarenakan banyak masuknya produk denim dari Cina yang cenderung menawarkan harga jauh lebih murah. Ditengah persaingan dalam industri denim bermerek di Indonesia yang semakin padat, isu untuk mempertahankan konsumen menjadi suatu hal yang penting. Guna mempertahankan konsumen yang ada, setiap merek didorong untuk dapat memberikan nilai (value) yang sesuai dengan harapan konsumen dan kompetitif dengan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga tipe nilai pembelian merek (brand purchase value), yaitu nilai simbolis (symbolic value), nilai afektif (affective value) dan nilai tukar (tradeoff value) terhadap niat konsumen denim bermerek melakukan pembelian ulang (repurchase intention). Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan gambaran imej merek yang dipersepsikan (perceived image) konsumen, pengalaman emosional (emotional experience) konsumen, kualitas yang dipersepsikan (perceived quality), dan penerimaan harga (price acceptability) konsumen antara satu sama lain dan hubungannya dengan nilai pembelian merek. Penelitian dilakukan melalui survey kuesioner terhadap 170 orang responden yang merupakan konsumen pakaian denim bermerek. Data yang telah terkumpul dari survey dianalisa dengan menggunakan metode statistik frekuensi, analisa faktor, korelasi dan regresi. Hasil penelitian dengan metode regresi mengindikasikan bahwa hubungan positif secara signifikan hanya terjadi antara nilai afektif (affective value) dengan niat pembelian ulang (repurchase intention) konsumen denim bermerek. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa diantara ketiga nilai pembelian merek, yaitu symbolic value, affective value, dan tradeoff value, nilai pembelian merek yang paling berpengaruh terhadap niat konsumen denim bermerek melakukan pembelian ulang adalah nilai afektif yang diterima konsumen tersebut dari pembelian dan penggunaan produk denim bermerek. Sedangkan hasil analisa dengan metode korelasi mengindikasikan hubungan positif yang lemah antara kedua nilai merek lainnya, yaitu symbolic value dan tradeoff value dengan repurchase intention konsumen denim bermerek. Dari hasil analisa korelasi diketahui bahwa faktor emotional experience berpengaruh kuat secara positif terhadap affective value konsumen. Selain itu, dari hasil analisa korelasi diketahui juga bahwa emotional experience berhubungan kuat secara positif dengan perceived quality konsumen. Oleh karena itu, dikaitkan dengan keputusan manajerial, sebaiknya para praktisi bisnis produk denim bermerek fokus membentuk perceived quality yang positif mengenai produk denim bermerek serta membangun emotional experience yang berhubungan positif dengan affective value yang mempengaruhi repurchase intention konsumen produk denim bermerek. Berkaitan dengan pembentukan nilai merek yang unik secara keseluruhan, disarankan praktisi bisnis produk denim bermerek tidak lupa juga mengembangkan penawaran nilai merek lainnya guna menciptakan nilai merek yang superior dan tidak kalah saing dengan kompetitor.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5915 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer research Marketing strategy Brand image Clothing industry Perceived image Brand purchase value |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 110 p., 41 p. : diagr., il. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |