Text
Pengaruh dimensi brand, store, dan price terhadap willingness to buy pada konsumen pengguna bioskop kelas atas, menengah dan bawah di Jakarta
Bioskop merupakan usaha padat modal yang memerlukan strategi khusus untuk bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat agar tidak ditinggalkan oleh konsumennya. Pengusaha bioskop, baik kelas atas, menengah, dan bawah, perlu melakukan strategi yang tepat untuk menarik hati konsumen di tengah makin ketatnya kompetisi dengan pesaing langsung maupun dengan produk substitusi lain, seperti televisi dan DVD. Bagi konsumen bioskop sendiri, khususnya di Jakarta, ada preferensi tertentu terhadap atribut merek, tempat, dan harga suatu bioskop yang kemudian memberikan pengaruh yang kuat bagi mereka dalam menentukan pilihan bioskop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut brand (merek), store (tempat), dan price (harga) terhadap willingness to buy (tingkat keinginan untuk menonton) pada konsumen bioskop kelas atas, menengah, dan bawah di Jakarta. Selain itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam mempersepsikan masing-masing atribut tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara kepada pihak manajemen bioskop dan ketua Gabungan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), serta penyebaran kuesioner kepada 300 orang responden di ketiga kelas bioskop (kelas atas, menengah, dan bawah). Data yang telah dikumpulkan kemudiah diolah dengan menggunakan program SPSS 13.0 dengan menggunakan descriptive statistic analysis, factor analysis dan general linear model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen pengguna bioskop pada tiga kelas yang berbeda (kelas atas, menengah, dan bawah) mempertimbangkan faktor brand, store, dan price secara berbeda pula yang kemudian mempengaruhi tingkat keinginan (willingness to buy) mereka untuk menonton bioskop.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5917 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brands Consumer behaviour Service marketing Willingness to buy Cinema |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 175 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |