Text
Analisis sistem kerja fieldworker dalam proses riset pemasaran pada PT Mitra Opini Konsumen
Keberadaan fieldworker di dalam perusahaan riset pemasaran mungkin tidak terlalu menonjol, namun tidak dapat dipungkiri bahwa perannya sangatlah penting. Bisa dikatakan bahwa mereka adalah ujung tombak keberhasilan sebuah riset. Tanpa mereka akan sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk mengolah riset. Kebutuhan seperti ini juga terjadi pada PT. Mitra Opini Konsumen. Laporan akhir magang ini menggunakan metode pengamatan atas apa yang ada dan terjadi di perusahaan sebagai dasar dalam proses penyusunannya. Dari pengamatan inilah ditemukan permasalahan mengenai adanya penyimpangan yang dilakukan oleh fieldworker dalam bentuk interviewer error. Konsep yang digunakan untuk menganalisa permasalahan ini adalah general framework of organization misbehavior. Framework ini bertujuan untuk melihat termasuk jenis apa penyimpangan tersebut dan apa yang menjadi latar belakang terjadinya hal ini. Sehingga pihak perusahaan dapat menindaklanjuti keadaan ini dengan lebih baik. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, ditemukan bahwa penyimpangan yang dilakukan oleh fieldwork melalui terjadinya interviewer error termasuk dalam penyimpangan perilaku produksi dan politik. Namun dari kedua hal tersebut, yang paling nyata adalah penyimpangan perilaku pada produksi perusahaan. Penyimpangan ini terjadi dilatarbelakangi oleh 2 hal, yaitu level tugas/posisi fieldworker dan level organisasi (khususnya karena sistem kontrol)..
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
5946 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing research Production management Fieldworker |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | viii, 75 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |