Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis hubungan pemasaran internal, kepuasankerja dan kinerja organisasi nirlaba : studi kasus Mapala Universitas Indonesia

Leis Suzanawaty (Pembimbing/Promotor) - ; Budiman, Handri Fajar - ;

Pemasaran internal sangat penting bagi sebuah organisasi. Bahkan pemasaran internal dianggap sebagai kunci keberhasilan pemasaran eksternal. Sebuah studi terhadap hotel internasional di Taiwan membuktikan bahwa pemasaran internal dapat berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan kinerja organisasi. Kepuasan kerja anggota organisasi yang menurun akan berdampak negatif terhadap kinerja organisasi. Hal ini terlihat dari turn over pegawai yang meningkat. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi suatu organisasi untuk membuat anggotanya puas dan pada akhirnya akan meningkatkan kinerja organisasi. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran internal yang tepat terhadap anggota organisasi. Dalam studi di Taiwan tersebut didapat kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemasaran internal, kepuasan kerja dan kinerja organisasi. Namun hasil tersebut adalah pada kasus organisasi laba, yaitu hotel ? hotel internasional di Taiwan. Bagaimana dengan organisasi nirlaba? Apakah hasilnya akan sama? Hal inilah yang coba dibuktikan oleh peneliti melalui skripsi ini. Penulis menggunakan bauran pemasaran jasa sebagai pendekatan terhadap pemasaran internal, 6 faktor kepuasan kerja Fred Luthanssebagai pendekatan terhadap kepuasan kerja, dan pencapaian misi sebagai pendekatan terhadap penilaian kinerja organisasi, penulis mengembangkan instrumen yang terdiri dari 41 pertanyaan yang kemudian menyusut menjadi 40 pertanyaan setelah melalui uji validitas. Penelitian dilakukan selama + 5 bulan dari bulan Februari sampai dengan Juni 2008 dengan menyebarkan kuesioner langsung kepada responden dan melalui situs www.esurveyspro.com . Jumlah kuesioner yang pada akhirnya diolah lebih lanjut setelah diverifikasi kelengkapan jawaban berjumlah 90 kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga variabel yaitu pemasaran internal, kepuasan kerja dan kinerja organisasi. Hal ini mendukung penelitian terhadap organisasi laba diatas. Ternyata pemasaran internal, kepuasan kerja dan kinerja organisasi saling berhubungan baik didalam organisasi laba maupun organisasi nirlaba. Hasil ini tentu saja sangat penting bagi para menajer dalam menentukan strategi pemasaran internal yang tepat bagi organisasinya. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
6005PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2008
Edisi-
SubjekJob satisfaction
Non
profit organizations
Marketing strategy
Organizational performance
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxi, 91 p. : diagr. ; 30 cm.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?