Text
Analisis pengaruh informasi window displays terhadap keputusan belanja pakaian konsumen di Jakarta : studi kasus window displays pada peritel pakaian
Window displays merupakan suatu bentuk strategi komunikasi yang digunakan peritel dalam aktivitas komunikasi pemasaran dan menjadi salah satu pilihan yang popular bagi para peritel dewasa ini. Window displays telah menjadi suatu bentuk komunikasi yang efektif antara peritel dan konsumen dimana seringkali konsumen mencari dan memperoleh informasi melalui window display. Window displays, seperti layaknya alat promosi lainnya, juga dapat mendorong keputusan konsumen untuk mengunjungi sebuah toko dan melakukan pembelian aktual. Window displays dapat menarik konsumen untuk masuk ke dalam toko setelah menyediakan gambaran visual produk-produk yang ditawarkan pada toko ataupun citra toko yang ingin ditunjukkan kepada konsumen. Pengaruh window displays, dikaitkan dengan aktivitas pemasaran lainnya, bergantung pada berbagai karakteristik konsumen, kategori produk, jenis retail dan shopping task. Pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan antara window displays dan keputusan belanja konsumen diperlukan. Untuk melihat adanya hubungan tersebut, maka penelitian terhadap hubungan antara window displays dan keputusan belanja menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana informasi pada window displays mempengaruhi keputusan belanja pakaian konsumen. Pengaruh yang akan diteliti berasal dari informasi-informasi yang dikomunikasikan melalui window displays dan kaitannya terhadap keputusan belanja konsumen, yaitu keputusan untuk masuk ke dalam sebuah ritel dan keputusan untuk melakukan pembelian serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi keputusan segmen konsumen yang berbeda dalam konteks tingkat pengetahuan mereka mengenai pakaian dan fesyen. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi peritel pakaian dalam melakukan eksekusi strategi point-of-purchase marketing, termasuk penggunaan widow displays. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 198 orang responden yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Data yang telah dikumpulkan kemudiah diolah dengan menggunakan program SPSS 11.5 dengan menggunakan teknik descriptive statistic analysis, factor analysis, one way ANOVA dan regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan informasi yang dikomunikasikan melalui window display mempengaruhi keputusan masuk konsumen (variabel enter), baik perolehan informasi yang berkaitan dengan toko seperti store merchandise maupun informasi yang berkaitan dengan kategori produk yaitu fesyen. Sedangkan keputusan pembelian konsumen (variabel purchase) dipengaruhi oleh perolehan informasi terkait kategori produk yaitu product fit. Perolehan informasi dari window displays juga terkait dengan tingkat pengetahuan konsumen mengenai pakaian dimana tingkat pengetahuan konsumen, terutama bagi konsumen dengan tingkat pengetahuan yang tinggi, mempengaruhi keputusan belanja mereka, baik untuk masuk dan melakukan pembelian.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6018 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing strategy Regression analysis Purchasing Marketing communication Consumer choice |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 93 p. : diagr. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |