Text
Analisis pengaruh respon kognitif dan afektif dari iklan terhadap purchase intention konsumen : studi kasus iklan teaser billboard Coca-cola Zero
Iklan merupakan salah satu alat komunikasi perusahaan untuk mempengaruhi konsumen yang menjadi target pasar mereka. Banyaknya iklan yang beredar saat ini, baik di televisi, radio, majalah, dan media lainnya, dapat membuat konsumen bosan dan mengabaikan iklan-iklan tersebut. Hal ini menuntut perusahaan untuk menghasilkan sebuah iklan yang dapat menarik perhatian konsumen. Salah satu pendekatan yang sering digunakan saat ini adalah iklan teaser yang bertujuan untuk membuat rasa penasaran, tertarik, dan/atau kegembiraan pada konsumen. Salah satu perusahaan yang menggunakan iklan teaser dalam mempromosikan produk barunya adalah PT. Coca-Cola Indonesia. Penggunaan iklan teaser ini merupakan bagian dari kampanye peluncuran Coca-Cola Zero yang bertujuan untuk menciptakan rasa keingintahuan dari konsumen terhadap merek yang akan diluncurkan, sekaligus memberikan brand personality tertentu yang akan disampaikan kepada konsumen. Iklan ini diluncurkan dalam bentuk iklan billboard yang terletak di pinggir jalan raya, dimana salah satunya berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara paparan iklan teaser dengan respon kognitif konsumen berdasarkan ?A Model of Cognitive Response? (George & Michael Belch, 2007), mendeskripsikan hubungan antara respon kognitif dengan respon afektif berupa sikap terhadap merek dan iklan teaser, serta mendeskripsikan pengaruh sikap terhadap merek dan iklan teaser terhadap purchase intention. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 orang responden berusia 20-29 tahun yang merupakan target konsumen dari Coca-Cola Zero, yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS 12.0, yaitu dengan melakukan analisis frekuensi, uji reliabilitas, uji validitas, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat paparan iklan teaser berhubungan secara signifikan dengan product/message thoughts dan source-oriented thoughts. Sedangkan paparan iklan teaser tidak berhubungan secara signifikan dengan ad execution thoughts dari konsumen. Product/message thoughts berhubungan secara signifikan dengan sikap konsumen terhadap merek (brand attitudes). Source-oriented thoughts berhubungan secara signifikan dengan sikap konsumen terhadap merek (brand attitudes) dan sikap konsumen terhadap iklan teaser (attitude toward the ad). Ad execution thoughts berhubungan secara signifikan dengan sikap konsumen terhadap iklan teaser (attitude toward the ad). Sikap konsumen terhadap merek berhubungan secara signifikan dengan sikap konsumen terhadap iklan teaser. Serta, sikap konsumen terhadap merek dan iklan teaser mempengaruhi purchase intention konsumen terhadap produk. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6037 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brands Advertising Consumer attitudes Drinks industry |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 114 p. : diagr., il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |