Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Manajemen penyaluran dana promosi PT YZ

Zalmi Zubir (Pembimbing/Promotor) - ; Rosiana Halim - ;

Manajemen dana promosi yang efektif memainkan peranan yang sangat signifikan dalam kinerja penjualan suatu perusahaan consumer goods. Dana promosi ini merupakan bagian dari biaya suatu produk yang akan dijual ke pasaran, dan juga merupakan unsur penting dari go-to-market strategy untuk meningkatkan pangsa pasar produk bersangkutan. PT YZ sebagai salah satu dari perusahaan consumer goods terbesar di dunia juga sangat concern dalam mengelola budget dana promosinya, selalu berusaha memastikan bahwa jumlah dana promosi yang dibelanjakan setimpal dengan hasil yang diperoleh dalam bentuk peningkatan pendapatan perusahaan. Adapun dana promosi yang dibelanjakan kemudian dikategorikan ke dalam berbagai bentuk inisiatif program promosi, dimana fungsi dari manajemen dana promosi adalah untuk memastikan bahwa setiap inisiatif program promosi dijalankan secara efektif untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Gambar berikut menunjukkan suatu proses berkesinambungan atas pengelolaan dana promosi: Dalam rangka menilai dan melakukan perbaikan pada manajemen penyaluran biaya promosi, proses yang harus dilaksanakan dimulai dari understanding distribution dengan mempelajari sistem distribusi dana promosi dari PT YZ ke distributor (PT A & PT B). Setelah memahami alur proses distribusi dana promosi tersebut, maka tahap selanjutnya adalah sales & marketing execution. Setelah melakukan eksekusi penyaluran dana promosi tersebut, langkah terakhir adalah monitor process dengan melakukan audit internal atas dana promosi dalam bentuk cash dan premium yang diberikan kepada dua distributor PT YZ. Dari hasil audit internal tersebut, maka akan diperoleh suatu pemahaman baru terhadap proses distribusi untuk melakukan analisis serta desain rekomendasi dan proses kerja untuk pengembangkan terhadap proses yang berlaku saat ini. Secara garis besar laporan magang ini membahas tiga hal yaitu hasil audit PT A, PT B, serta analisis masalah (issues) utama dan rekomendasi penyelesaiannya. Adapun rekomendasi berserta detailed work process setiap rekomendasi yang ditulis dalam laporan ini diantaranya adalah sistem advance, centralized filling, standard premium tracking form, premium allocation review, dan voucher implementation, yang mana pengimplementasian dari setiap sistem tersebut membutuhkan kerja sama antara PT YZ dengan pihak distributor. Setiap sistem-sistem tersebut masih perlu disempurnakan supaya implementasinya lebih efektif. Ada Tabel & bibligraphy


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
6190PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Departemen Manajemen FAkultas Ekonomi UI 2008
Edisi-
SubjekFinancial management
Promotion
Consumer goods
Ditribution channels
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikix, 69 p., 3 p. : il. ; 30 cm & lamp.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?