Text
Manajemen penyaluran dana promosi PT YZ
Manajemen dana promosi yang efektif memainkan peranan yang sangat signifikan dalam kinerja penjualan suatu perusahaan consumer goods. Dana promosi ini merupakan bagian dari biaya suatu produk yang akan dijual ke pasaran, dan juga merupakan unsur penting dari go-to-market strategy untuk meningkatkan pangsa pasar produk bersangkutan. PT YZ sebagai salah satu dari perusahaan consumer goods terbesar di dunia juga sangat concern dalam mengelola budget dana promosinya, selalu berusaha memastikan bahwa jumlah dana promosi yang dibelanjakan setimpal dengan hasil yang diperoleh dalam bentuk peningkatan pendapatan perusahaan. Adapun dana promosi yang dibelanjakan kemudian dikategorikan ke dalam berbagai bentuk inisiatif program promosi, dimana fungsi dari manajemen dana promosi adalah untuk memastikan bahwa setiap inisiatif program promosi dijalankan secara efektif untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Gambar berikut menunjukkan suatu proses berkesinambungan atas pengelolaan dana promosi: Dalam rangka menilai dan melakukan perbaikan pada manajemen penyaluran biaya promosi, proses yang harus dilaksanakan dimulai dari understanding distribution dengan mempelajari sistem distribusi dana promosi dari PT YZ ke distributor (PT A & PT B). Setelah memahami alur proses distribusi dana promosi tersebut, maka tahap selanjutnya adalah sales & marketing execution. Setelah melakukan eksekusi penyaluran dana promosi tersebut, langkah terakhir adalah monitor process dengan melakukan audit internal atas dana promosi dalam bentuk cash dan premium yang diberikan kepada dua distributor PT YZ. Dari hasil audit internal tersebut, maka akan diperoleh suatu pemahaman baru terhadap proses distribusi untuk melakukan analisis serta desain rekomendasi dan proses kerja untuk pengembangkan terhadap proses yang berlaku saat ini. Secara garis besar laporan magang ini membahas tiga hal yaitu hasil audit PT A, PT B, serta analisis masalah (issues) utama dan rekomendasi penyelesaiannya. Adapun rekomendasi berserta detailed work process setiap rekomendasi yang ditulis dalam laporan ini diantaranya adalah sistem advance, centralized filling, standard premium tracking form, premium allocation review, dan voucher implementation, yang mana pengimplementasian dari setiap sistem tersebut membutuhkan kerja sama antara PT YZ dengan pihak distributor. Setiap sistem-sistem tersebut masih perlu disempurnakan supaya implementasinya lebih efektif. Ada Tabel & bibligraphy
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6190 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Departemen Manajemen FAkultas Ekonomi UI., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Financial management Promotion Consumer goods Ditribution channels |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | ix, 69 p., 3 p. : il. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |