Text
Analisis pengembangan produk baru (reksa dana) di PT PNM Investment Management : studi kasus PNM Ekuitas Syariah
Pengembangan produk baru dalam bidang jasa keuangan ada delapan tahap yaitu idea generation, idea screening, concept development and testing, marketing strategy and development, business analysis, product development, market testing dan commercialization/launch. Dalam laporan magang ini mengkaji penerapan pengembangan produk reksa dana baru yang dilakukan PT. PNM Investment Management. Metode penyajian laporan ini adalah pengamatan atas apa yang telah dilakukan perusahaan dengan prosedur dan ketentuan pemerintah yang ada. Dalam prakteknya, PT. PNM Investment Management hanya melaksanakan tujuh proses dengan ketiadaan aktivitas market testing karena karakteristik produk ters ebut. Idea generation berasal dari internal perusahaan kemudian dilakukan screening ide yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Ide hasil proses screening diwujudkan dalam konsep produk ekuitas syariah dan marketing strategy menargetkan seluruh kelompok masyarakat dan diwujudkan dalam marketing mix yang sesuai dengan strategi tersebut. Kemudian dilakukan business analysis dengan adanya proposal bisnis yang diberikan kepada pihak direksi dan dewan syariah. Setelah selesai dilakukan analisis, langk ah selanjutnya product development yang berhubungan dengan pihak eksternal seperti sponsor, bank kustodian, notaris, dan Bapepam. Terakhir, PNM Ekuitas Syariah ditawarkan ke pasar ( launching) pada tanggal 1 Agustus 2007 dengan mendapat persetujuan dari Bapepam. Dari analisis penulis, PT. PNM Investment Management kurang optimal dalam mencari ide - ide produk baru. Perusahaan dapat memanfaatkan sektor eksternal seperti konsumen, agen penjual, internet, kerja sama dengan peneliti dari universitas. Selain itu, marketing strategy & development perusahaan sebaiknya juga dilakukan dengan marketing reseach agar mendapat gambaran pasar yang jelas. Penulis juga memberikan alternatif kegiatan promosi dengan guide book & sponsorship program. Kendati demikian, secar a umum PT. PNM Investment Management sudah cukup sukses dalam pengembangan produk baru dengan menjadi reksa dana dengan return tertinggi sampai pada akhir April 2007 dan telah memenuhi ketentuan Bapepam. Dengan alternatif dari penulis, inovasi dan market review berkesinambungan diharapkan PT. PNM Investment Management dapat mempertahankan kinerja dan meningkatkannya agar dapat lebih menarik lebih banyak investor.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6196 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | New products Investment management Mutual funds |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 123 p., 8 p. : diagr. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |