Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis aliran pemasaran, konflik, dan gap saluran distribusi PT Cipendawa Agroindustri Tbk

Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Menur Dwi S. - ;

PT Cipendawa Agroindustri Tbk. Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan pembibitan ayam yang menghasilkan Day Old Chicken (DOC). Perusahaan ini sempat menduduki peringkat tiga besar di industri peternakan ayam pada tahun 1980-an. Namun, seiring dengan berjalannya waktu yang disertai pergolakan politik dan ekonomi Indonesia serta terjadinya kasus flu burung membuat daya saing Cipendawa semakin melemah. Saat ini Cipendawa hanya mampu meraih 2% market share di industri peternakan ayam Indonesia. Selain masalah politik dan ekonomi, berdasarkan pengamatan penulis, perusahaan juga mengalami kendala internal yang turut menghambat kinerja perusahaan. Dari sisi pemasaran pada khususnya, perusahaan cenderung menjalankan strategi pemasaran yang sama setiap tahunnya termasuk strategi distribusinya. Tujuan dari laporan magang ini adalah untuk mengetahui struktur, aliran pemasaran, konflik saluran dan pengelolaannya, dan analisis gap saluran distribusi Cipendawa. Laporan magang ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi Cipendawa. Informasi untuk menganalisis permasalahan pada laporan ini diperoleh dari in-depth interview dengan beberapa pihak di kantor pusat Cipendawa dan juga berdasarkan pengamatan langsung di farm Cipanas. Hasil pengamatan dan wawancara menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran dan distribusi perusahaan masih kurang jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Karena Cipendawa hanya memiliki satu unit bisnis yaitu pembibitan saja, saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan adalah saluran langsung. Sistem pembelian yang digunakan yaitu sistem putus, sehingga hubungan antara perusahaan dan pelanggan selayaknya hubungan penjual dan pembeli pada umumnya. Perusahaan menyediakan jasa technical service untuk memeriksa perkembangan DOC, menerima masukan dari pelanggan, dan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan pelanggan. .


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
6199PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2008
Edisi-
SubjekCorporate strategy
Marketing research
Distribution channels
Livestock
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikx, 69 p., 4 p. : diagr., il. ; 30 cm & lamp.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?