Text
Potensi perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia : Analisa preferensi dan perilaku nasabah perbankan
Praktek perbankan berdasarkan prinsip syariah dimungkinkan untuk dilakukan di Indonesia setelah diberlakukannya Undang-undang No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No.10 Tahun 1998. Dengan diperkenalkannya jenis bank berdasarkan prinsip syariah, maka sistem perbankan Indonesia saat ini disamping bank konvensional yang dikenal selama ini, bank dapat pula memilih kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah. Kegiatan bank syariah pada dasarnya merupakan perluasan jasa perbankan bagi masyarakat yang membutuhkan dan menghendaki pembayaran imbalan yang tidak didasarkan pada sistem bunga melainkan atas dasar prinsip syariah sebagaimana digariskan dalam hukum Islam. Diperkenankannya perbankan syariah tersebut, diharapkan akan dapat saling melengkapi lembaga-lembaga keuangan lainnya yang telah terlebih dahulu dikenal dalam sistem perbankan Indonesia. Dengan menggunakan metode survei data dengan menggunakan software SPSS 16.0 dan Stata/SE.10.0, dihasilkan temuan bahwa dari sisi demand, setidaknya terdapat tiga faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap layanan jasa perbankan syariah yaitu: (1). Adanya pengetahuan dan pemahaman masyarakat atas bank syariah, semakin tinggi tingkat pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah maka semakin tinggi pula minat masyarakat untuk menabung di bank syariah; (2). Tingkat kepuasan nasabah atas kesesuaian nilai syariah, biasanya nasabah menabung di bank syariah dengan alasan faktor agama; dan (3). Tingkat pendidikan dan faktor umur mempengaruhi nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah, semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka orang tersebut akan cenderung untuk lebih menggunakan jasa layanan perbankan konvensional dibandingkan jasa layanan perbankan syariah karena semakin rasional orang tersebut dalam memilih serta menggunakan jasa perbankan, dalam hal pertimbangan memilih, nasabah yang rasional dipengaruhi oleh faktor kredibilitas, keamanan dan kepercayaan dan sebaliknya untuk umur, semakin tua umur seseorang maka orang tersebut akan cenderung untuk lebih menggunakan jasa layanan perbankan syariah dibandingkan dengan jasa layanan perbankan konvensional.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6278 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behavior Industrial economics Banks and banking Islamic banking |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xii, 103 p., 14 p. : diagr. ; 30 cm & lamp. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |